HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kerusuhan Pasca Meninggalnya George Floyd

Sabtu, 30 Mei 2020 | 17:07 WIB

ATLANTA, KOMPAS.TV - Protes atas kematian George Floyd oleh polisi Minneapolis menyebar di seluruh Amerika Serikat pada hari Jumat (29/5/2020). Keadaan memburuk setelah timbul kemarahan dari orang Afro-Amerika.

Demonstran mengawali aksinya dengan damai di jalan-jalan dari Los Angeles ke New York. Namun di Atlanta, para demonstran membakar mobil polisi dan memecahkan jendela di markas kantor berita CNN.

Pengunjuk rasa juga memukul petugas dengan botol dan merusak ke sebuah restoran di pusat kota Atlanta. Demonstrasi dimulai dengan damai tetapi dengan berubah menjadi kerusuhan pada Jumat (29/5/2020) malam.

Para pengunjuk rasa menggunakan barikade untuk memecahkan kaca depan kendaraan polisi dan melompat dari mobil ke mobil.

Ratusan pengunjuk rasa berhadapan dengan polisi di luar markas CNN. Mereka mencoret-coret logo CNN yang besar di luar gedung serta merusak pintu masuk berjendela.

Seorang pengunjuk rasa memanjat di atas papan nama dan mengibarkan bendera "Black Lives Matter" untuk menghibur orang banyak.

Para petugas polisi yang baru datang disambut dengan lemparan botol pengunjuk rasa. Beberapa polisi bahkan dipukuli oleh demonstran.

Bom molotov yang dilemparkan ke pihak berwenang meledak di belakang garis polisi tetapi tidak menimbulkan korban. Para pengunjuk rasa meneriakkan polisi dengan kalimat Hentikan pekerjaan Anda.

Polisi memerintahkan demonstran untuk meninggalkan lokasi dan mengancam akan menangkap jika mereka tidak segera pergi.

Sebagian pengunjuk rasa membakar bendera Amerika. Penduduk setempat menonton kerusuhan dari atap rumah mereka.

Pengunjuk rasa juga berusaha memblokir lalu lintas jalan tol di pusat kota Atlanta.

Editor : aryo bimo



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
20:48
KEMENKOP UKM MINTA PARA UMKM DI SEKTOR PERTANIAN BISA MEMANFAATKAN RUANG DIGITALISASI ATAU GO DIGITAL   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: PEMBELAJARAN JARAK JAUH BISA DITERAPKAN PERMANEN SETELAH PANDEMI KORONA SELESAI   MENKEU SRI MULYANI SEBUT PENYALURAN PROGRAM KREDIT MODAL KERJA UNTUK UMKM BISA MENCAPAI RP 100 TRILIUN   MENAKER IDA FAUZIYAH AKAN MEMBANGUN DUA BALAI LATIHAN KERJA UNTUK KOMUNITAS PERFILMAN   TOLAK RUU HIP, SEJUMLAH MAHASISWA DARI BERBAGAI UNIVERSITAS GELAR UNJUK RASA DI DEPAN ISTANA KEPRESIDENAN BOGOR   BARESKRIM POLRI TANGKAP TERSANGKA PERETAS 1.309 SITUS PEMERINTAH DAN SWASTA DI SLEMAN, YOGYAKARTA   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO SEBUT PENDANAAN MERUPAKAN KENDALA UTAMA PEMBANGUNAN TOL TRANS-SUMATERA    TIONGKOK TARIK PASUKAN DARI PERBATASAN INDIA SETELAH SEMPAT TERJADI BENTROKAN MILITER KEDUA NEGARA   HAMPIR 1,2 JUTA ORANG DI WILAYAH SELATAN KYUSHU, JEPANG, DIMINTA EVAKUASI MANDIRI AKIBAT HUJAN LEBAT   PENYELENGGARA PIALA DUNIA 2022 AKAN BERHENTIKAN SEJUMLAH KARYAWAN DI TENGAH KRISIS EKONOMI AKIBAT PANDEMI   POLISI PERIKSA 7 SAKSI TERKAIT KASUS PEMBONGKARAN PAKSA PETI JENAZAH PASIEN KORONA OLEH WARGA DI JENEPONTO, SULSEL   PEMERINTAH MENYATAKAN AKAN FOKUS KE PROVINSI YANG ALAMI PENINGKATAN ANGKA POSITIF KORONA   SEBANYAK 11 TENAGA MEDIS DI BANTAENG, SULSEL, POSITIF KORONA DIDUGA TERTULAR SAAT MERAWAT PASIEN   KOMNAS PEREMPUAN: PEMERINTAH LEBIH KEDEPANKAN ASPEK EKONOMI DIBANDING PERSPEKTIF HAM DALAM PENANGANAN KORONA