Kompas TV video cerita indonesia

Ventilator Kendali Jarak Jauh Karya Gunadarma

Kompas.tv - 30 Mei 2020, 13:43 WIB
Penulis : Aryo bimo

DEPOK, KOMPAS.TV - Sekelompok periset dari Universitas Gunadarma Depok, Jawa Barat, berhasil mengembangkan ventilator yang dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Ventilator yang diberi nama Robovent 1 dikembangkan berbasis Internet Of Things (IOT). IOT adalah teknologi yang memungkinkan benda-benda di sekitar kita terhubung dengan jaringan internet. Teknologi ini ditemukan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999.

Dengan IOT, tenaga medis dapat memantau pasien dari jarak jauh sehingga mengurangi risiko tertular penyakit. 
Robovent 1 bekerja dengan sistem dimana udara yang disuplai akan masuk ke bagian penampungan dan langsung membantu pasien bernapas.

Selain lebih nyaman digunakan pasien, Robovent 1 mengurangi risiko kontaminasi dari ruang perawatan dan tenaga medis. Alat ini juga mengurangi dampak lecet di kulit akibat tekanan sehingga dapat digunakan lebih lama.

Ventilator karya anak bangsa ini telat berhasil lulus uji alai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada 18 Mei 2020.

Yohanes Kurnia selaku ketua tim riset mengatakan, alat ini cukup efektif dan mudah untuk digunakan. Karena ukurannya yang ringkas dan bentuknya yang seperti koper, alat ini dapat dibawa tenaga medis hingga ke pelosok.

Kepala BPFK dokter Prastowo, menyambut baik penemuan tersebut. Pihaknya kini tengah melakukan pengujian lanjutan untuk segera dapat diproduksi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x