HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

"New Normal" di Bidang Pendidikan, Begini Penjelasannya!

Sabtu, 30 Mei 2020 | 10:05 WIB

KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyebut panduan new normal di bidang pendidikan masih dibahas oleh kementerian terkait.

Muhadjir menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo meminta agar tidak terburu-buru menentukan panduan new normal yang akan diterapkan di sekolah.

Menko PMK, Muhadjir Effendy menyebut pemerintah masih membahas panduan maupun aturan tatanan normal baru, yang nantinya diterapkan kepada pelajar.

Aturan new normal akan mengedepankan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mencegah sebaran virus Corona, sehingga siswa bisa belajar dan terhindar dari Covid-19.

Pemerintah tak ingin terburu - buru menentukan panduan tatanan normal baru di bidang pendidikan, namun diperlukan kajian dan diskusi agar penerapan new normal berjalan dengan baik.

Sementara itu di Solo, Jawa Tengah, sejumlah sekolah menengah pertama telah menyiapkan skenario tatanan normal baru yang bisa diterapkan saat dimulainya tahun ajaran baru.

Seperti di SMP Negeri 4 Solo, pihak sekolah menyusun bangku dan meja yang berjarak, nantinya setiap kelas akan diisi maksimal 25 siswa.

Selain itu akan diterapkan protokol kesehatan lain seperti cuci tangan, hingga pemeriksaan suhu tubuh.

Meski demikian Pemerintahan Solo mengusulkan agar  tahun ajaran baru nanti akan dimulai bulan Januari 2021.

Sementara di Kediri, Jawa Timur, sekolah menengah pertama telah menyiapkan skenario tatanan normal baru.

Menurut rencana, setiap siswa akan masuk seminggu penuh pada pekan pertama dan belajar di rumah pada pekan kedua.

Setiap kelas maksimal diisi oleh 15 siswa.

Selama proses pembelajaran akan diterapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan selalu mencuci tangah.

Meski demikian Dinas Pendidikan Kediri masih menunggu panduan tatanan normal baru dari Kemendikbud.

Editor : Aleksandra Nugroho



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
20:49
KEMENKOP UKM MINTA PARA UMKM DI SEKTOR PERTANIAN BISA MEMANFAATKAN RUANG DIGITALISASI ATAU GO DIGITAL   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: PEMBELAJARAN JARAK JAUH BISA DITERAPKAN PERMANEN SETELAH PANDEMI KORONA SELESAI   MENKEU SRI MULYANI SEBUT PENYALURAN PROGRAM KREDIT MODAL KERJA UNTUK UMKM BISA MENCAPAI RP 100 TRILIUN   MENAKER IDA FAUZIYAH AKAN MEMBANGUN DUA BALAI LATIHAN KERJA UNTUK KOMUNITAS PERFILMAN   TOLAK RUU HIP, SEJUMLAH MAHASISWA DARI BERBAGAI UNIVERSITAS GELAR UNJUK RASA DI DEPAN ISTANA KEPRESIDENAN BOGOR   BARESKRIM POLRI TANGKAP TERSANGKA PERETAS 1.309 SITUS PEMERINTAH DAN SWASTA DI SLEMAN, YOGYAKARTA   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO SEBUT PENDANAAN MERUPAKAN KENDALA UTAMA PEMBANGUNAN TOL TRANS-SUMATERA    TIONGKOK TARIK PASUKAN DARI PERBATASAN INDIA SETELAH SEMPAT TERJADI BENTROKAN MILITER KEDUA NEGARA   HAMPIR 1,2 JUTA ORANG DI WILAYAH SELATAN KYUSHU, JEPANG, DIMINTA EVAKUASI MANDIRI AKIBAT HUJAN LEBAT   PENYELENGGARA PIALA DUNIA 2022 AKAN BERHENTIKAN SEJUMLAH KARYAWAN DI TENGAH KRISIS EKONOMI AKIBAT PANDEMI   POLISI PERIKSA 7 SAKSI TERKAIT KASUS PEMBONGKARAN PAKSA PETI JENAZAH PASIEN KORONA OLEH WARGA DI JENEPONTO, SULSEL   PEMERINTAH MENYATAKAN AKAN FOKUS KE PROVINSI YANG ALAMI PENINGKATAN ANGKA POSITIF KORONA   SEBANYAK 11 TENAGA MEDIS DI BANTAENG, SULSEL, POSITIF KORONA DIDUGA TERTULAR SAAT MERAWAT PASIEN   KOMNAS PEREMPUAN: PEMERINTAH LEBIH KEDEPANKAN ASPEK EKONOMI DIBANDING PERSPEKTIF HAM DALAM PENANGANAN KORONA