Kompas TV video cerita indonesia

Pidato Hari Lanjut Usia Menteri Sosial

Kompas.tv - 29 Mei 2020, 14:36 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Sosial Juliari Batubara mengucapkan selamat Hari Lanjut Usia kepada seluruh warga negara Indonesia yang sudah berusia lanjut, Jumat (29/5/2020). Di peringatan Hari Lanjut Usia ke-24 tahun 2020 ini, Mensos menyampaikan untuk para lansia agar tetap semangat dan bahagia di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Menteri Sosial menyampaikan bahwa menjadi lansia adalah suatu keniscayaan. Lansia adalah periode dimana segala fungsi baik motorik, sensorik dan mental mulai menurun, kondisi dimana sebagian dari kita memerlukan bantuan dan pertolongan. Namun tidak sedikit juga pada periode tersebut masih ada lansia yang bisa berkarya dan berpartisipasi dalam pembangunan bangsa.

Menteri Sosial mengajak kepada kaum muda agar dapat mempersiapkan diri memasuki masa lanjut usia dengan menerapkan pola hidup yang lebih baik. Kedua, kamu muda harus senantiasa menghormati para lanjut usia dengan menghargai dan membantu dalam segala kondisi dan keadaan. Kamu muda harus mendahulukan kepentingan para lanjut usia di atas kepentingan pribadi.

Rasa hormat kepada orangtua bukan saja sebagai bagian dari budaya bangsa. Lebih dari itu, rasa hormat juga sebagai penghargaan atas pengabdian dan kearifan yang telah mereka berikan kepada keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Banyak ahli yang menyatakan bahwa kelompok umur di atas 60 tahun lebih rentan terkena  covid-19, hal tersebut disebabkan  karena lansia telah mengalami penurunan akibat proses penuaan.

Kemudian,sistem imun sebagai pelindung tubuh pada lansia tidak dapat bekerja dengan maksimal layaknya masih muda.

Atas dasar itu, dalam mengisi peringatan Hari Lanjut Usia Nasional yang ke-24, Menteri Sosial mengajak kepada kita semua terutama dari keluarga dan lingkungan  masyarakat  sekitar  untuk  saling membantu, memberikan dukungan dan perhatian kepada sesama khususnya kepada para lanjut usia, dengan menciptakan lingkungan yang ramah sehingga mereka nyaman menjalani kehidupannya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x