Kompas TV nasional berita kompas tv

Warga Sekitar Masjid Al Barkah Kembali Merasakan Shalat Jumat Berjamaah

Kompas.tv - 29 Mei 2020, 14:09 WIB
warga-sekitar-masjid-al-barkah-kembali-merasakan-shalat-jumat-berjamaah
Pengurus Masjid Agung AL-Barkah membuatkan titik merah sebagai batas antar jamaah sebagai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam menjalankan Shalat Jumat. (Sumber: KOMPASTV)
Penulis : Johannes Mangihot

BEKASI, KOMPASTV – Masjid Agung Al-Barkah, Kota Bekasi, Jawa Barat membuka shalat Jumat berjamaah bagi warga.

Pembukaan shalat Jumat berjamaah ini dilakukan setelah Pemkot Bekasi memberikan kesempatan rumah ibadah yang berada di zona hijau.

Pengarus Masjid Al Barkah, Ismael menjelaskan sejumlah aturan dalam protokol kesehatan tetap dilakukan kepada jamaah yang ingin shalat Jumat berjamaah di Masjid Al-Barkah.

Jumlah jamaah yang shalat di dalam masjid juga dibatasi. Sebelum masuk, jamaah harus melewati penyemprotan disinfektan untuk tubuh, pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo gun dan mencuci tangan.

“Ini sudah menjadi protokol untuk mencegah penyebaran virus corona, Kami mengantisipasi dengan membuat akses masuk yang dibatasi dan difasilitasi dengan penyemprotan disinfektan untuk tubuh dan pemeriksaan suhu tubuh, serta penyediaan alat kebersihan,” ujar Ismael, Jumat (29/5/2020).

Selain protokol kesehatan, jamaah juga diminta untuk menggunakan masker dan membawa perlengakapan shalat masing-masing. Adapun jamaah yang shalat jumat di Masjid Al-Barkah merupakan warga sekitar masjid.

Menurut Ismael, dengan penerapan protokol kesehatan tersebut, daya tampung jamaah Masjid Al-Barkah berkurang hingga 60 persen. Meski begitu, antusias warga untuk kembali merasakan shalat di masjid telah terbayarakan dengan adanya pembukaan tempat ibadah di zona hijau.

“ini masa yang dinanti-nanti warga dan jamaah sekitar masjid. Tetapi kita punya aturan bagaimana cara mengatisipasi penyebaran Covid-19 jamaah harus tetap mengikuti aturan,” ujar Ismael.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.