Kompas TV regional berita daerah

Kampung Tangguh Dibentuk di Setiap Desa Jelang Normal Baru

Kompas.tv - 29 Mei 2020, 13:36 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Percepatan Penanganan Virus Corona di Kabupaten Lumajang Jawa Timur meresmikan kampung tangguh pada Kamis (28/05). Kampung ini dipersiapkan untuk menghadapi tatanan normal baru atau new normal.

Kampung tangguh yang pertama didirikan adalah Desa Banjarwaru, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang. Desa ini dipersiapkan sebagai percontohan kampung tangguh dalam mencegah penyebaran virus corona. 

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan kampung tangguh melibatkan semua unsur, mulai dari perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, relawan, TNI dan Polri. Mereka bergotong royong bersama untuk menjaga desanya dalam memutus mata rantai Covid-19.

Di kampung tangguh tersedia kebutuhan pangan,  tempat karantina, petugas kesehatan dan tim pemakaman jenazah Covid-19.

Adapun sumber dana kampung tangguh berasal dari Dana Desa dan sumbangan sukarela dari masyarakat. Kampung tangguh Covid-19 akan dikembangkan ke seluruh desa, yang ada di kabupaten lumajang.

Kampung tangguh perlu dibentuk mengingat pemerintah pusat akan menerpakan tatanan normal baru atau new normal.

#KampungTangguh #NewNormal #Lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.