Kompas TV nasional berita kompas tv

Presiden Jokowi: Prioritaskan Proyek yang Berdampak Langsung Bagi Pemulihan Ekonomi

Kompas.tv - 29 Mei 2020, 11:33 WIB
presiden-jokowi-prioritaskan-proyek-yang-berdampak-langsung-bagi-pemulihan-ekonomi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas tentang pelaksanaan persiapan new normal di sejumlah daerah di Indonesia, Rabu (27/5/2020). (Sumber: YouTube: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Presiden Joko Widodo meminta pelaksanaan proyek strategis nasional (PSN) yang berdampak langsung pada ekonomi rakyat serta pemulihan ekonomi nasional tetap berjalan.

Dalam catatan Presiden Jokowi sejumlah SN yang dapat mendorong penguatan ekonomi rakyat seperti program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi. Kemudian reforma agrarian, perhutanan sosial, serta peremajaan perkebunan rakyat.

Presiden Jokowi juga mengingatkan agar protokol-protokol kesehatan yang ditetapkan tetap dijalankan dalam pelaksanaan berbagai PSN tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Sektor Pariwisata Beradaptasi dengan New Normal

"Terkait Proyek Strategis Nasional yang sedang berjalan, saya minta diprioritaskan percepatan pelaksanaan PSN yang berdampak langsung bagi penguatan ekonomi rakyat, pemulihan ekonomi nasional," ujar Presiden Jokowi  saat membuka rapat terbatas Evaluasi Proyek Strategis Nasional untuk Pemulihan Ekonomi Nasional Dampak Covid-19, Jumat (29/5/2020).

Selain memprioritaskan PSN yang mendongkrak ekonomi, Presiden Jokowi juga meminta agar berbagai hambatan pelaksanaan PSN tersebut bisa segera diatasi.

“Saya ingin pastikan bahwa program-program prioritas ini tetap berjalan tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat," ujar Presiden Jokowi.

Tak hanya menyoroti PSN yang sedang berlangsung. Jokowi pun meminta usul PSN yang baru tetap dievaluasi. Menurutnya, dari 245 usul PSN yang baru, dihitung dengan cermat mana yang direkomendasikan dan mana yang tidak direkomendasi.

Baca Juga: Jokowi Sebut 4 Provinsi Siapkan Tatanan New Normal

Poin utamanya yakni prioritas penambahan proyek yang memiliki daya ungkit besar pada pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi pun meminta agar jajarannya tetap menjalankan agenda strategis nasional yang memiliki dampak besar terhadap masyarakat meski tengah menghadapi Covid-19.

“Saya kira sangat penting untuk kita dahulukan," ujar Presiden Jokowi.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x