Kompas TV nasional berita kompas tv

DPRD DKI Minta Kaji Ulang Sekolah Dimulai 13 Juli: Anak Masih Senang Main, Sulit Ikuti Protokol

Kompas.tv - 29 Mei 2020, 01:44 WIB
dprd-dki-minta-kaji-ulang-sekolah-dimulai-13-juli-anak-masih-senang-main-sulit-ikuti-protokol
Ilustrasi: Siswa sekolah dasar negeri 002 Ranai melakukan aktivitas belajar menggunakan masker di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Indonesia, Selasa (4/2/2020). (Sumber: TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Mohammad Taufik, meminta Dinas Pendidikan mengkaji ulang jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah yang rencananya akan dimulai pada 13 Juli mendatang.

Menurutnya, jadwal KBM yang tertuang dalam keputusan Kepala Dinas Pendidikan Nomor 467 tentang kalender Pendidikan Tahun Pembelajaran 2020/2021 ini harus dikaji lagi dengan mempertimbangkan meminimalisir penularan Covid-19 terhadap anak-anak.

"Anak masih senang bermain, lebih sulit menerapkan protokol kesehatan, tidak seperti orang tua, Jadi, saya kira harus dicermati betul keputusannya," kata Taufik di Jakarta pada Kamis (28/5).

Taufik menyarankan, pembukaan KBM dilakukan secara bertahap di masing-masing wilayah, atau dengan cara menerapkan sistim belajar secara bergiliran. Misalnya, satu kelas yang tadinya berisi 25 siswa jadi 10.

Baca Juga: Makassar Akhiri PSBB: Sekolah,Toko dan Mall Dibuka, Pesta Pernikahan Diperbolehkan

"Intinya jangan terburu-buru. Sekolah juga harus ikut peduli. Tingkat terpaparnya di lingkungan sekolah seperti apa? Dampak penularan terhadap anak seperti apa, perlu diperhitungkan," ujar Taufik.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta berencana memulai kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah pada 13 Juli 2020. 

Hal ini bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021 sebagaimana yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana, mengatakan rencana itu disusun dengan mempertimbangkan penerapan PSBB dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

"Hari pertama sekolah dengan mempertimbangkan kebijakan, baik pemerintah pusat maupun daerah, yang kami siapkan 13 Juli," kata Nahdiana. 

Baca Juga: Menkes Terawan Kaji Protokol Kesehatan “New Normal” di Sekolah

Nahdiana berujar, Dinas Pendidikan telah menyusun tiga skema belajar di sekolah yang akan diterapkan pada tahun ajaran 2020/2021.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x