Kompas TV entertainment lifestyle

Ini Alasan Hand Sanitizer Tak Boleh Disimpan di Dalam Mobil dalam Waktu Lama

Kompas.tv - 28 Mei 2020, 22:46 WIB
ini-alasan-hand-sanitizer-tak-boleh-disimpan-di-dalam-mobil-dalam-waktu-lama
Ilustrasi cuci tangan pakai Hand sanitizer (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Mencegah penularan virus corona, penting bagi kita untuk selalu sering-sering cuci tangan pakai sabun untuk membunuh kuman dan virus yang menempel di tangan.

Namun jika sulit menemukan lokasi mencuci tangan di saat bepergian, penggunaan hand sanitizer bisa menjadi solusi.

Nah bicara hand sanitizer, mengutip Healthline, Kamis (28/5/2020) kamu jangan pernah menyimpan hand sanitizer di mobil. Kenapa ya?

Associate Professor Florida Gold Coast University, Dr Greg Boyce memperingatkan bahwa meninggalkan hand sanitizer di dalam mobil untuk waktu yang lama, pada suhu tinggi bisa mengurangi efektivitas hand sanitizer itu sendiri karena bahan aktifnya dapat menguap.

Karena alkohol adalah bahan aktif yang membunuh bakteri dan virus, alkohol harus berada pada konsentrasi tertentu untuk tingkat efektivitas paling maksimal.

"Kita harus menjaga konsentrasinya di atas 60 persen, jadi jika Anda meninggalkannya terlalu lama, produk itu menjadi tidak efektif lagi," kata Greg.

Meskipun botol hand sanitizer tidak terpapar ke udara saat disimpan, penguapan masih mungkin terjadi karena wadah mungkin tidak kedap udara.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x