Kompas TV nasional berita kompas tv

Selain Suap Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan Juga Didakwa Terima Gratifikasi 500 Juta

Kamis, 28 Mei 2020 | 17:22 WIB
selain-suap-eks-komisioner-kpu-wahyu-setiawan-juga-didakwa-terima-gratifikasi-500-juta
Komisioner KPU Wahyu Setiawan (Sumber: kantorberitapemilu.com)

JAKARTA, KOMPASTV – Eks Komisioner KPU, Wahyu Setiawan didakwa menerima hadiah atau janji sebesar Rp500 juta dari Sekretaris KPU Daerah (KPUD) Papua Barat Rosa Muhammad Thamrin Payapo.

Gratifikasi yang diterima Wahyu tersebut terkait proses seleksi calon anggota KPUD Provinsi Papua Barat periode tahun 2020-2025.

Jaksa Penuntut umum pada KPK Takdir Suhan menyatakan uang tersebut diberikan agar Wahyu membantu proses seleksi anggota KPUD Papua Barat. Uang tersebut diberikan dengan cara di transfer ke rekening istri sepupu Wahyu.

Baca Juga: Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan Didakwa Terima Suap Rp 600 Juta

“Padahal diketahui atau patut diduga, bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan karena kekuasaan atau kewenangan yang berhubungan dengan jabatannya," ujar Jaksa Takdir saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (27/5/2020).

Seleksi calon  anggota KPUD Papua Barat itu menyisahkan 70 peserta dan 33 diantaranya orang asli Papua.

Saat menjalani proses selanjutnya 33 orang asli Papua itu hanya tiga orang yang lolos. Tiga orang ini adalah Amus Atkana, Onesimus Kambu, dan Paskalis Semunya. Hal ini menyebabkan warga masyarakat asli Papua melakukan aksi protes di Kantor KPUD Provinsi Papua Barat.

Penulis : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:34
KEPALA BNPT SEBUT SATGAS TINOMBALA PERLUAS LOKASI PENGEJARAN KELOMPOK TERORIS MUJAHIDIN INDONESIA TIMUR   PASCA-INSIDEN DI SIGI, SULTENG, KONTRAS MINTA PEMERINTAH AUDIT DAN EVALUASI TERBUKA SATGAS TINOMBALA   GUBERNUR RIAU SYAMSUAR DAN ISTRINYA, MISNARNI, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   KEMENKES SEBUT SEKITAR 1.600 SUKARELAWAN UJI KLINIS CALON VAKSIN COVID-19 DI BIO FARMA BAIK-BAIK SAJA   ANGGOTA KOMISI III ARSUL SANI BERHARAP CALON KAPOLRI MAMPU MENEGAKKAN HUKUM BERBASIS KEADILAN RESTORATIF   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI LUHUT BINSAR PANDJAITAN TARGETKAN UU CIPTA KERJA BERLAKU FEBRUARI 2021   POLRESTA BOGOR, JABAR, SEBUT HINGGA SAAT INI SUDAH 13 SAKSI DIPERIKSA UNTUK KASUS KONTROVERSI TES USAP RIZIEQ SHIHAB   POLRESTA BOGOR, JAWA BARAT, PERIKSA 6 SAKSI KASUS KONTROVERSI TES USAP RIZIEQ SHIHAB DI RS UMMI   POLDA METRO JAYA AKAN PANGGIL KEMBALI RIZIEQ SHIHAB DAN MENANTUNYA PADA KAMIS, 3 DESEMBER, JIKA TIDAK HADIR HARI INI   POLDA METRO JAYA JADWALKAN PEMERIKSAAN RIZIEQ SHIHAB DAN MENANTUNYA M HANIF ALATAS HARI INI   DINKES BANYUMAS, JAWA TENGAH, TAMBAH 400 TEMPAT TIDUR UNTUK RUANG ISOLASI AKIBAT KAPASITAS RUMAH SAKIT PENUH   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT 4.361 PASIEN SEMBUH DARI VIRUS KORONA   HINGGA 1 DESEMBER 2020, KASUS POSITIF COVID-19 DI INDONESIA MENCAPAI 543.975   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 5.092 KASUS BARU COVID-19 HARI INI