Kompas TV entertainment lifestyle

Ini 3 Cara Menjaga Kebiasaan Baik yang Terbentuk Pasca-Ramadhan

Kompas.tv - 28 Mei 2020, 16:50 WIB
ini-3-cara-menjaga-kebiasaan-baik-yang-terbentuk-pasca-ramadhan
Ilustrasi lebaran (Sumber: Odua Images)
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan satu bulan penuh, seluruh umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik setelah hari kemenangan berlalu, penting untuk mempertahankan kebiasaan baik yang mulai terbentuk di bulan Ramadhan. Apa saja yang bisa dilakukan? Berikut beberapa sikap seperti mengutip Likee, Kamis (28/5/2020).

1. Menanamkan sikap saling menghargai dan open-minded 

Saat umat muslim sedang berpuasa, masyarakat yang tidak berpuasa cenderung menghargai umat muslim dengan meminta izin atau memisahkan diri saat hendak makan dan minum. Selain itu, mengamati orang yang berpuasa dapat melatih diri untuk menjadi pribadi yang open-minded.

Sikap ini tentu tidak datang dengan sendirinya, melainkan melalui proses pembelajaran untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang orang lain. Berbekal sikap tersebut, tak sedikit non-muslim yang mencoba untuk berpuasa dan merasakan manfaatnya.

Hal ini juga tercermin pada budaya luar yang menjadi tren dan diterima dengan baik oleh masyarakat, salah satunya adalah anime atau animasi dari Jepang. Kehadiran anime membuat masyarakat terpapar dengan budaya Jepang lalu memiliki pemahaman yang lebih baik, bahkan bersikap open-minded dan menerimanya sebagai budaya baru di lingkungannya.

2. Mengatur pola makan

Puasa Ramadhan yang dijalankan selama sebulan penuh seyogyanya memberikan berbagai manfaat bagi orang yang menjalankannya, termasuk pola makan sehat. Dengan berpuasa, masyarakat dapat mencegah konsumsi berlebih dan cenderung makan teratur sesuai jam buka dan sahur. 

Kekhawatiran akan pola makan tidak sehat dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang tepat, baik saat buka maupun sahur. Pilihlah makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh sehingga lebih kuat saat berpuasa. Contoh makanan yang dapat menjadi pilihan adalah kurma. 

3. Memaknai makna mendalam dari beribadah

Ramadhan bukan hanya tentang berpuasa tetapi terdapat berbagai elemen lain yang meliputinya, seperti mengaji, membayar zakat, dan lain-lain. Segala komponen tersebut juga memiliki makna tersendiri misalnya puasa yang tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi menahan diri dari melakukan perbuatan buruk. Ketika dimaknai lebih dalam, dengan berpuasa, masyarakat dapat menjadi pribadi yang lebih sabar dan dapat mensyukuri apa yang dimiliki, seperti yang terjadi saat seseorang menyadari mereka bisa makan kapanpun mereka ingin dan mampu membayar zakat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.