Kompas TV video cerita indonesia

Wanita Ini Sulap Sampah Jadi Kerajinan Menarik

Kompas.tv - 28 Mei 2020, 13:33 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

GOWA, KOMPAS.TV - Berawal dari peduli terhadap lingkungan seorang wanita di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mengumpulkan berbagai macam jenis sampah plastik kemudian dimanfaatkannya dengan membuat berbagai jenis kerajinan tangan.

Tekad bulatnya melakukan hal itu adalah cita-citanya yang sudah sejak lama yang menginginkan agar daerah asalnya bisa bersih dari sampah.

Beginilah keseharian Masda seorang wanita berusia 38 tahun yang hampir setiap harinya mengumpulkan jenis sampah plastik.

Ia kumpulkan sampah plastik yang berserakan di sepanjang jalan di Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Sampah-sampah plastik ini dikumpulkannya untuk dibuat menjadi sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

Sampah-sampah ini dibawa pulang untuk dibersihkan selanjutnya sampah ini dipisah mulai dari jenis dan ukurannya.

Contohnya seperti penutup botol minuman, sampah plastik biasa, dan berbagai jenis sampah pembungkus makanan lainnya.

Masda pun mengubah sampah tersebut menjadi sebuah karya kerajinan tangan yang menarik. Melalui ide kreatif yang dituangkan, Ia masda mampu menghasilkan dari sampah plastik seperti tas, baju gaun pengantin, topi, tempat tisu dan berbagai jenis kerajinan tangan lainnya.

Karya buatannya pun sudah banyak diminati orang, khususnya di kalangan pelajar dan harga yang dipasarkan juga bervariatif mulai dari harga lima belas ribu rupiah dan yang paling tertinggi mencapai seratus lima puluh ribu rupiah. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x