Kompas TV nasional sapa indonesia

Pakar: New Normal Belum Tentu Normal

Kompas.tv - 28 Mei 2020, 11:10 WIB
Penulis : Reny Mardika

KOMPAS.TV - New normal (normal baru) adalah upaya normalisasi kondisi dengan melakukan sesuatu untuk bertahan dan tidak menyerah.

Suatu keadaan yang sebelumnya dirasa tidak normal menjadi biasa.

Salah satu dari tiga hal penting yang harus dicermati dalam panduan new normal seperti yang disebutkan kantor staf kepresidenan yakni pentingnya sosialisasi, lalu ada panduan kebijakan manajemen dalam pencegahan Covid-19.

Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono menilai jika pemerintah harus mempersiapkan perencanaan terhadap tatanan new normal agar tak terulang respon pandemi awal dimana pemerintah gagap dalam menghadapi hal tersebut.

Selain itu, pemerintah juga perlu untuk menggunakan strategi komunikasi perubahan perilaku agar bisa mengendalikan lonjakan virus yang mengancam masyarakat.

Pandu Riono juga berpendapat jika perencanaan sektor belum siap, lebih baik new normal ini tak perlu diterapkan dahulu.

"Kalau belum siap ya jangan dulu. Daripada kita mengorbankan sebagian karyawan, atau mengorbankan anak sekolah, dan banyak lagi yang kita harus berhati-hati sekali dalam merencanakan atau mengubah perilaku yang memang mengurangi risiko infeksi terhadap virus corona ini," ujar Pandu.

Indikator kesadaran masyarakat Indonesia dalam menerapkan protokol Covid-19 seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, Pandu menilai selama ini masih sangat sulit dipraktikkan, ia menegaskan harus ada perubahan perilaku masyarakat.

Lalu bagaimana efektivitas panduan ''new normal'' ini terlebih untuk daerah-daerah dengan zona merah?

Simak pembahasan bersama dengan Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.