Kompas TV nasional berita kompas tv

Persiapan New Normal, Kabaharkam Komjen Agus Minta Kapolda-Kapolres Kerahkan 40.194 Bhabinkamtibmas

Kompas.tv - 28 Mei 2020, 10:07 WIB
persiapan-new-normal-kabaharkam-komjen-agus-minta-kapolda-kapolres-kerahkan-40-194-bhabinkamtibmas
Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Agus Andrianto (tengah) yang juga sebagai Kepala Operasi Kepolisian Terpusat (Kaopspus) Aman Nusa II Penanganan Covid-19 saat memimpin rapat analisa dan evaluasi (Anev) bersama para pejabat utama operasi tingkat Mabes Polri, Polda, dan Polres melalui video conference dari Ruang Pusdalsis Mabes Polri, Jakarta, Rabu (27/5/2020). (Sumber: Divhumas Polri)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala Operasi Kepolisian Terpusat (Kaopspus) Aman Nusa II Penanganan Covid-19, Komjen Agus Andrianto meminta kepada para Kepala Operasi Kepolisian Daerah (Kaopsda) dan Kepala Operasi Kepolisian Resor (Kaopsres) untuk Aman melakukan sosialisasi dan edukasi secara masif.

Baca Juga: Persiapan New Normal, Panglima TNI dan Kapolri Kerahkan 340.000 Personel

Sosialisasi dan edukasi itu tak lain adalah terkait semua kebijakan pemerintah dalam memasuki tahapan tatanan normal baru atau new normal.

Dengan begitu diharapkan masyarakat memiliki kesadaran dan kesiapan saat memasuki tahapan tatanan new normal itu.

Komjen Agus Andrianto yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri menyampaikan hal tersebut sebagai penekanan saat memimpin rapat analisa dan evaluasi (Anev) Operasi Aman Nusa II bersama para pejabat utama operasi tingkat Mabes Polri, Polda, dan Polres.

Anev operasi Aman Nusa II itu digelar melalui video conference dari Ruang Pusdalsis Mabes Polri, Jakarta.

“Sesuai dengan arahan Presiden (Joko Widodo) bahwa untuk memastikan pelaksanaan kesiapan kita menuju ke tatanan normal yang baru, beliau menginginkan TNI-Polri ada di setiap keramaian, yakni untuk lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan yang telah kita sepakati lewat PSBB, karena kita ingin tetap produktif dan aman dari Covid-19,” ujar Agus Andrianto, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/5/2020).

Guna memperkuat hal itu, Agus juga meminta para Kaopsda dalam hal ini Kapolda dan Kaopsres dalam hal ini Kapolres untuk mengerahkan personel Bhabinkamtibmas.

Para personel Bhabinkamtibmas nanti agar mampu menyentuh masyarakat sampai level terbawah. 

“Agar 40.194 Bhabinkamtibmas disiapkan untuk melakukan sosialisasi protokol masyarakat produktif dan aman dari Covid-19,” tegas Agus.

Agus menjelaskan, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, langkah yang dipersiapkan pemerintah dalam rangka menghadapi tatanan normal baru akan dilakukan secara bertahap. 

Baca Juga: Selain 4 Provinsi, Berikut ini 25 Kabupaten/Kota yang Disiapkan Lakukan New Normal

Untuk tahap awal akan dilaksanakan di 4 provinsi (Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Gorontalo) serta 25 kabupaten/kota yang sebelumnya telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Di daerah-daerah tersebut dilakukan pengerahan personel TNI-Polri untuk mengawasi dan memastikan pelaksanaan protokol kesehatan di lapangan, khususnya terkait keharusan memakai masker, menjaga jarak, dan menghindarkan orang dari kerumunan serta dari berdesak-desakan.

“Dengan digelarnya pasukan dari TNI dan Polri di lapangan secara masif, diharapkan memunculkan kesadaran dan kedisiplinan yang kuat dari masyarakat dan dapat menekan angka persebaran virus serta menekan R-0 (R-Nought) agar tetap di bawah 1, yang merupakan syarat mutlak untuk kita bisa masuk ke tatanan normal baru sehingga masyarakat tetap produktif dan aman dari Covid-19,” kata Agus.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x