Kompas TV regional berita daerah

Overload, RS Unair Batasi Layanan Pasien Corona, Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 28 Mei 2020, 08:45 WIB
Penulis : Reny Mardika

SURABAYA, KOMPAS.TV - Rumah Sakit Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, membenarkan jika saat ini mulai membatasi layanan bagi pasien Covid-19.

Pembatasan dilakukan karena kapasitas perawatan yang mendekati maksimum akibat peningkatan kasus positif corona.

Rumah Sakit Universitas Airlangga yang merupakan RS rujukan penanganan Covid-19 di Jawa Timur mengeluarkan Surat Edaran yang berisi pembatasan penerimaan pasien Covid-19.

Peningkatan pasien Covid-19 yang signifikan membuat kapasitas perawatan mendekati penuh.

Ketua pusat informasi dan hubungan masyarakat Unair, Suko Widodo, mangatakan saat ini penanganan akan difokuskan pada pasien yang sedang menjalani perawatan.

"Kapasitas yang tersedia sudah mendekati overload, jadi pada saat lebaran kemarin terjadi peningkatan yang sangat signifikan sehingga jumlah kasusnya meningkat, itu harus kita layani yang datang ke rumah sakit," ucapnya.

Pemerintah mengirimkan dua mobil laboratorium ke Surabaya, Jawa Timur, setelah angka kasus positif corona di Jawa Timur terus meningkat.

Mobil Lab Bio Safety level 2 ini mampu mendeteksi ODP dan PDP dalam waktu 40 menit dengan menggunakan PCR teknologi terbaru dari Korea Selatan.

Pemerintah pusat juga mengupayakan 3 alat tes mobile, untuk Lumajang, Sidoarjo dan Surabaya.

Upaya ini diharapkan dapat mempercepat deteksi penyebaran virus corona di Jawa Timur.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.