Kompas TV entertainment lifestyle

Ini Alasan Kenapa Usai Minum Kopi Buat Perut Mulas dan Ingin Buang Air Besar

Kompas.tv - 27 Mei 2020, 23:34 WIB
ini-alasan-kenapa-usai-minum-kopi-buat-perut-mulas-dan-ingin-buang-air-besar
Ilustrasi kopi, minum kopi (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Sebagian dari Anda pasti menjadi penikmat kopi. Yap, mengonsumsi kopi memang banyak manfaatnya karena ada kandungan kafein yang bisa menambah energi.

Namun, pernahkah Anda merasakan kenapa usai minum kopi langsung memicu perut mulas, sakit perut, hingga ingin buang air besar?

Mengutip Healthline, minum kopi ternyata bisa meningkatkan keinginan buang air besar dalam waktu 20 menit usai meminumnya.

Faktor yang membuat kopi bisa memicu keinginan buang air besar adalah karena kafeinnya. Kafein merupakan stimulan alami yang membantu kita agar tetap waspada.

Konsumsi kafein pada kopi mengaktifkan reaksi positif pada otot usus kita. Hal ini bisa menyebabkan kontraksi di usus dan mendorong isi pencernaan kita ke arah rektum, yang merupakan bagian akhir dari saluran pencernaan.

Peneliti menyebut hal ini membuat usus besar 60 persen lebih aktif. Namun, kopi tanpa kafein pun juga bisa meningkatkan aktivitas usus besar hingga 23 persen.

Itu sebabnya, orang yang memiliki masalah sulit buang air besar dianjurkan cara sederhana untuk mencoba minum kopi, namun jika pencernaan sering bermasalah, jangan coba-coba, atau bahkan disarankan untuk menghindari mengonsumsi kopi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x