Kompas TV nasional berita kompas tv

Ini Penyebab Kasus Baru Covid-19 di Jawa Timur Tinggi

Rabu, 27 Mei 2020 | 22:58 WIB
ini-penyebab-kasus-baru-covid-19-di-jawa-timur-tinggi
Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo saat konferensi pers di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (6/5/2020). (Sumber: Dok Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB)

JAKARTA, KOMPASTV – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Doni Morando menjelaskan tingginya angka penularan virus corona di Jawa Timur tidak terlepas dari kasus penularan dari luar dan penyebaran lokal.

Menurut Doni, kasus penyebaran luar dan lokal ini menjadi klaster tersendiri dan dinilai menjadi sumber penularan Covid-19 di Jawa Timur.  

Kasus penyebaran dari luar yakni jemaah tabligh yang mengikuti Ijtima Ulama Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan yang ditetapkan sebagai klaster Gowa, jamaah tabligh Jakarta yang menjadi klaster Jamaah Tabligh.

Baca Juga: Jokowi Minta Jawa Timur Dibantu Gugus Tugas, TNI dan Polri Tangani Covid-19

Kemudian Ponpes Al Fatah di Temboro, Magetan dan Pabrik Rokok Sampoerna yang menjadi klaster penyebaran lokal.

"Jawa Timur ini termasuk daerah yang potensi dari klaster tertentu sangat tinggi. Antara lain dari Gowa, kemudian jemaah tabligh, termasuk juga yang berasal dari dalam yaitu Pesantren Temboro dan Pabrik Sampoerna," ujar Doni usai rapat bersama Presiden Joko Widodo melalui video conference, Rabu (27/5/2020).

Doni menambahkan, tim gugus tugas dan Pemprov terus melakukan penelusuran dan pelacakan masyarakat yang kontak langusung dengan pasien positif Covid-19.

Editor : Johannes Mangihot

1
2



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Polisi Amankan Pelaku Curanmor

Kamis, 6 Agustus 2020 | 00:54 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
01:53
HOTLINE KBRI BEIRUT +961 3199 493   TERCATAT 1.447 WNI BERADA DI LEBANON, 1.234 DI ANTARANYA ADALAH PASUKAN KONTINGEN GARUDA   KEMENLU TERUS PANTAU DAN PASTIKAN KONDISI WNI PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PERANCIS KIRIM 2 PESAWAT MILITER KE BEIRUT UNTUK BANTUAN PENCARIAN DAN PENYELAMATAN PASCA-LEDAKAN BESAR   SEBANYAK 300.000 PENDUDUK KEHILANGAN RUMAH AKIBAT LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   PRESIDEN LEBANON MICHEL AOUN JANJIKAN PENYELIDIKAN TRANSPARAN ATAS LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   ISRAEL BANTAH TERLIBAT DALAM LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT, LEBANON   SEBANYAK 30 TENAGA KESEHATAN RSUD SOGATEN, KOTA MADIUN, TES "SWAB" SETELAH 1 DOKTER POSITIF TERINFEKSI KORONA   BUPATI OGAN ILIR, SUMATERA SELATAN, ILYAS PANJI ALAM, SEMBUH DARI KORONA   BUKA PARIWISATA UNTUK TURIS DOMESTIK, PEMPROV BALI FOKUS BANGUN KEPERCAYAAN WISATAWAN DI TENGAH PANDEMI   PENDAKIAN GUNUNG CIREMAI DI WILAYAH KUNINGAN, JABAR, DIBUKA KEMBALI MULAI SABTU, 8 AGUSTUS 2020   KEMENDIKBUD MINTA PEMKOT BEKASI HENTIKAN SIMULASI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TATAP MUKA DI 6 SEKOLAH   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IMBAU WARGANYA TIADAKAN LOMBA 17-AN YANG SIFATNYA MENGUNDANG KERUMUNAN   DINKES DKI JAKARTA INGATKAN MASYARAKAT UNTUK BAHU-MEMBAHU ATASI PANDEMI KORONA