Kompas TV regional berita daerah

Seekor Dugong Tersangkut di Jaring Nelayan

Kompas.tv - 27 Mei 2020, 19:17 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KETAPANG, KOMPAS.TV - Beginilah kondisi dugong atau duyung dengan nama latin dugong dugon yang berhasil diselamatkan nelayan di Pulau Cempedak, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.                                                                                                                                                                                              

Sebelumnya penemuan dugong berusia sekira dua tahun dengan panjang 146 cm seberat 50 kilogram ini, dilaporkan nelayan setempat tersangkut di jaring warga dalam keadaan hidup. Satwa langka dilindungi ini kemudian dievakuasi warga untuk dilakukan penampungan sementara, di dalam keramba untuk mengembalikan kondisi kesehatannya.

Mendapat laporan masyarakat, petugas BKSDA Kalbar bersama Yayasan IAR Indonesia dan Komunitas Pemerhati Lingkungan langsung melakukan pemeriksaan termasuk melakukan pelepasliaran dugong ke habitat asalnya di laut, sejauh 3,7 kilometer dari pulau. Dari pemeriksaan kesehatan, dugong ini cukup sehat untuk dilakukan pelepasliaran ke habitatnya walaupun sempat ada sedikit luka pada ekor.

Selama tahun 2020 ini berdasarkan laporan tercatat, sudah empat kali kasus dugong yang terjerat jaring warga. Dua dari empat kasus tersebut berhasil diselamatkan dan dilakukan pelepasliaran.

#dugong #duyung #BKSDA #IAR



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x