Kompas TV internasional kompas dunia

New Normal di China, Selama Sepekan Hanya 1 Pasien Kasus Baru Covid-19

Kompas.tv - 27 Mei 2020, 16:14 WIB
new-normal-di-china-selama-sepekan-hanya-1-pasien-kasus-baru-covid-19
Warga Berjalan di Kota Wuhan Yang Sepi (Sumber: AP)
Penulis : Johannes Mangihot

KOMPASTV - Penambahan harian kasus baru Covid-19 di China kini mulai menyusut. Pada 22 Mei lalu Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan tidak ada penambahan kasus baru. 

Sementara pada 26 Mei kemarin hanya ada satu kasus baru Covid-19. Dalam sepekan terakhir hanya ada satu pasien yang dikonfirmasi oleh Komisi Kesehatan Nasional China.

Minimnya kasus baru Covid-19 menjadi rekor terbaru selama Negeri Tirai Bambu mengalami wabah virus corona pada akhir tahun lalu.

Baca Juga: Tolak Dipulangkan, TKA China Mengamuk di Bandara Banyuwangi

Pasien tanpa gejala di China juga mengalami penurunan, pada 26 Mei 2020, kasus orang tanpa gejala hanya 28 kasus. Angka ini menurun dibanding hari sebelumnya yakni 29 kasus OTG. 

Kasus baru Covid-19 di China yang dikonfirmasi kebanyakan masuk dalam klaster impor. Bahkan tujuh kasus baru Covid-19 di China sehari semuanya masuk dalam kasus impor. 

Sementara itu di Wuhan, kota yang dianggap pertama kali terjangkit virus corona juga melaporkan adanya kasus baru Covid-19 sejak penutupan kota Wuhan berakhir pada 8 April lalu.

Pemerintah China selalu memperingatkan bahwa langkah-langkah penanggulangan wabah virus corona tidak bisa dilonggarkan dan terus mensosialisasikan 11 juta penduduk Wuhan untuk melakukan tes Covid- 19.

Baca Juga: Sempat Nol Infeksi, Wuhan Laporkan Lagi 5 Kasus Baru Virus Corona

Dampak Lockdown

Sejak Maret, kasus baru Covid-19 yang masuk klaster penularan lokal di China telah mengalami penurunan tajam. Hal ini karena pembatasan besar pada pergerakan orang membantu pemerintah untuk mengendalikan wabah virus corona di banyak bagian negara itu.

Namun, pihaknya terus melihat masuknya kasus impor, terutama yang melibatkan warga negara Tiongkok yang kembali dari luar negeri.

Hal ini dikarenakan adanya kelompok infeksi baru di provinsi perbatasan Jilin dan Heilongjiang di perbatasan timur laut yang muncul dalam beberapa pekan terakhir.

Baca Juga: Kisah Dua Dokter di Wuhan Kulitnya Menghitam karena Corona

Adapun jumlah total kasus covid-19 di China per tanggal 26 Mei 2020 mencapai 82.993 dengan kasus meninggal tidak berubah di angka 4.634.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.