HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Tolak Dipulangkan, TKA China Mengamuk di Bandara Banyuwangi

Rabu, 27 Mei 2020 | 10:17 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Seorang tenaga kerja asing (TKA) asal China mengamuk di Bandara Banyuwangi, Jawa Timur, pada Selasa (26/5/2020), karena menolak untuk dipulangkan ke negaranya.

TKA bernama Cui Changqing (45) tersebut mengamuk dengan bersembunyi di kolong bus parkiran Bandara Banyuwangi. Ia menolak untuk dipulangkan ke negaranya melalui bersama 145 tenaga kerja asing lainnya.

Bahkan Cui Changqing melepas baju serta sepatunya dan langsung sembunyi di bawah kolong bus sambil sesekali berteriak-teriak dengan menggunakan bahasa China.

Selama kurang lebih 6 jam, sejumlah petugas dari bandara maupun kepolisian berusaha membujuk pria tersebut agar mau keluar dari kolong bus. 

Baca Juga: Kasus ABK Indonesia di Kapal China Dilaporkan ke Dewan HAM PBB

Kapolsek Rogojampi Kompol Agung Setyo Budi juga berusaha merayu dengan menggunakan kamus online agar bisa bernegosiasi dengan pria asing tersebut.

Namun akhirnya pria tersebut keluar sendiri dari kolong bus, karena panasnya aspal di parkiran bandara.

Eksekutif General Manager Bandara Banyuwangi membenarkan kejadian tersebut di hari pertama pembukaan bandara. Pesawat Batik Air adalah pesawat carteran yang seharusnya mengangkut 150 TKA China dari Banyuwangi ke Guangzhou.

Namun tiga orang di antaranya tidak jadi diberangkatkan lantaran hasil rapid tesnya masih belum keluar. Selain itu, TKA yang mengamuk juga tidak jadi dipulangkan karena dirinya benar-benar menolak.

Baca Juga: Kebijakan Mendatangkan 500 TKA China di Tengah Pandemi Corona Sama Saja Mencederai Rakyat

Editor : Laura Elvina



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
17:14
ATLET BADMINTON DUNIA LIN DAN MENYATAKAN PENSIUN MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL   BPBD: SEBANYAK 9.415 WARGA MENGUNGSI AKIBAT BANJIR BANDANG YANG MELANDA PROVINSI GORONTALO    FORUM REKTOR INDONESIA MINTA PEMERINTAH TANGGUNG BIAYA INTERNET MAHASISWA & DOSEN DALAM PERKULIAHAN DARING   FSGI: PPDB MELALUI ZONASI BINA RW BERPOTENSI MUNCULKAN MASALAH BARU KARENA SEBARAN SEKOLAH TAK MERATA    FEDERASI SERIKAT GURU INDONESIA (FSGI) KRITIK PPDB JAKARTA MELALUI JALUR BINA RW YANG DIBUKA HARI INI   PRESIDEN JOKOWI MENGAJAK SELURUH PERGURUAN TINGGI LEBIH AKTIF BEKERJA SAMA DENGAN SEKTOR INDUSTRI   PRESIDEN JOKOWI MINTA SEMUA PERGURUAN TINGGI BERI PERHATIAN BESAR TERHADAP KESEHATAN MENTAL & FISIK MAHASISWA    PRESIDEN JOKOWI OPTIMITIS INDONESIA BISA JADI NEGARA BERPENGHASILAN TINGGI PADA 2045   PRESIDEN JOKOWI APRESIASI KENAIKAN PERINGKAT INDONESIA JADI NEGARA BERPENGHASILAN MENENGAH KE ATAS   WHO MEMINTA NEGARA-NEGARA TAK ABAIKAN DATA COVID-19   WAGUB AHMAD RIZA PATRIA: PEMPROV DKI GENCAR LAKUKAN TES COVID-19 DAN TELAH LAMPAUI STANDAR WHO   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT PENGUNJUNG MAL DI JAKARTA SAAT PSBB TRANSISI HANYA 20 HINGGA 30 PERSEN   PIMPINAN DPR AKAN PANGGIL ANGGOTA KOMISI VII YANG MINTA DILIBATKAN DALAM PENYALURAN DANA CSR BUMN   MERAWAT INGATAN LEWAT CERITA BERSAMA KURATOR CERPEN KOMPAS. DAFTAR WEBINAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID