Kompas TV regional berita daerah

Cegah Covid-19, Polda Kalteng Gelar Rapid Tes Massal di Pasar Kahayan Kota Palangka Raya

Kompas.tv - 26 Mei 2020, 21:55 WIB
cegah-covid-19-polda-kalteng-gelar-rapid-tes-massal-di-pasar-kahayan-kota-palangka-raya
Kapolda Kalteng, Irjen Dedi Prasetyo (kiri) dan Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto (kanan) saat kegiatan pemeriksaan rapid tes massal di Pasar Kahayan Kota Palangka Raya, Selasa (26/5/2020). (Sumber: Humas Polri)
Penulis : Deni Muliya

PALANGKA RAYA, KOMPAS.TV - Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pemeriksaan rapid tes massal di Pasar Kahayan, Jalan Mendawai, Kota Palangka Raya, Kalteng, Selasa (26/05/2020).

Baca Juga: Masuk Jakarta Lewat Bandara Soetta, Persiapkan SIKM Bakal Diperiksa Petugas

Rapid tes massal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona (Covid -19).

Pemeriksaan dilaksanakan dan dipimpin Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Kalteng, Kombes Danang Pamudji dengan melibatkan tenaga medis dari Korem 102 Panju Panjung, Polda Kalteng dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kalteng.

Kegiatan tersebut ditinjau oleh Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, dan Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri.

Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, pemeriksaan rapid tes massal kali ini dilaksanakan untuk 100 pedagang Pasar Kahayan dan pengunjung pasar menggunakan alat rapid tes terbaik.

Dibutuhkan waktu 5-10 menit untuk mengetahui hasil dari rapit tes, apakah reaktif atau non reaktif.

Baca Juga: Cegah Arus Balik Lebaran, Kapolri Jenderal Idham Azis Perpanjang Operasi Ketupat Hingga 7 Juni 2020

"Kami berharap setelah dilaksanakannya rapid tes ini dan memiliki data yang akurat, maka TNI - Polri serta pemerintah daerah dapat menentukan langkah yang tepat selanjutnya dalam menanggulangi Covid-19 di Kalimantan Tengah," ujar Dedi.

Dedi menambahkan, kegiatan rapid tes massal ini merupakan upaya Polda Kalteng dalam membantu pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Ada sembilan tenaga medis yang menangani langsung pemeriksaan rapid tes massal tersebut. Tiga tenaga medis dari Polda Kalteng, tiga dari Korem 102 Panju Panjung dan tiga dari Labkesda Kalteng," kata Dedi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x