Kompas TV klik360 cerita indonesia

Perantau Bantu Sembako ke Kampung Halaman

Selasa, 26 Mei 2020 | 20:03 WIB

PEKALONGAN, KOMPASTV - Hari raya biasanya dimanfaatkan masyarakat di Indonesia untuk silahturahmi dan berkumpul bersama keluarga.

Namun beda halnya dengan belasan pemuda Somongari yang justru memanfatkan waktu libur lebaran dengan kegiatan mengantar dari rumah ke rumah paket bantuan ke 100 warga di desa Somongari.

Paket bantuan ini mereka dapatkan dari penggalangan dana dari para kerabat dan saudara mereka terutama perantau yang kali ni tidak bisa pulang ke kampung halaman.

Koordinator aksi, Eko Budi Santoso menyebut kegiatan ini mereka sebut sebagai ngrogoh rasa kamanungsan.

Mereka memastikan bahwa tidak ada saudara mereka di desa Somongari yang menahan lapar di hari raya ini.

Aksi ini di lakukan sebagai bentuk keprihatinan mereka setelah mengamati carut marutnya sistem pendistribusian bantuan pemerintah yang tidak tepat sasaran.

Kelompok muda-mudi desa Somongari tersebut kemudian berinisiatif untuk mengadakan penggalangan dana secara mandiri guna membantu masyarakat yang terdampak wabah virus corona.

Mereka mengajak saudara dan kerabat mereka terutama para perantau yang mempunyai kelebihan rejeki untuk saling bantu dan gotong royong.

Penggalangan dana ini dilakukan secara mandiri dengan konsep dari kita oleh kita untuk kita.

Mereka menggandeng paguyuban keluarga Somongari yang tersebar di seluruh Indonesia dan warga setempat

Dana yang berhasil dihimpun dari para donatur sampai dengan hari ini telah terkumpul dengan jumlah lebih dari 25 juta rupiah.

Editor : Theo Reza



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:13
PERANCIS PERLUAS KEBIJAKAN JAM MALAM HINGGA KE 54 PROVINSI DALAM UPAYA MENEKAN PENULARAN COVID-19    ITALIA TUTUP BIOSKOP, TEATER, DAN TEMPAT OLAHRAGA HINGGA BATAS WAKTU YANG BELUM DITENTUKAN CEGAH PENULARAN KORONA   ANGKA PENULARAN COVID-19 TINGGI, PM ITALIA PERKETAT PEMBATASAN AKTIVITAS WARGA   BPBD KOTA BEKASI MENCATAT 346 JIWA MENGUNGSI AKIBAT TERDAMPAK BANJIR LUAPAN KALI CILEUNGSI DAN CIKEAS   PLT BUPATI PONOROGO, JATIM, SEBUT 10 PEGAWAI PLN PONOROGO POSITIF COVID-19 SEUSAI TERIMA TAMU DARI SURABAYA   POLRESTABES SURABAYA SITA 8,8 KILOGRAM SABU DAN 17.000 PIL HAPPY FIVE DARI 8 TERSANGKA KASUS PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA    POLRESTABES SURABAYA TANGKAP 8 TERSANGKA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI JAWA TIMUR   POLRES INDRAGIRI HILIR TANGKAP Y, KURIR NARKOTIKA DENGAN BARANG BUKTI SABU SEBERAT 50 KILOGRAM   KAPOLDA RIAU PASTIKAN KOMPOL IZ, PELAKU PENGEDAR NARKOTIKA JENIS SABU, SEGERA DIPROSES HUKUM   WAKAPOLRES JEMBER SEBUT DARI 5 YANG DITETAPKAN TERSANGKA PERUSAKAN KANTOR DPRD JEMBER, DUA DI ANTARANYA PELAJAR   POLRES JEMBER, JATIM, TETAPKAN 5 TERSANGKA PERUSAKAN KANTOR DPRD JEMBER SAAT UNJUK RASA TOLAK UU CIPTA KERJA   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI LUHUT BINSAR PANDJAITAN SEBUT WORLD BANK DAN IMF APRESIASI UU CIPTA KERJA   POLRI AKAN TINDAK TEGAS DAN PROSES HUKUM SIAPA PUN YANG TERLIBAT DALAM PEREDARAN SENJATA API ILEGAL DI PAPUA   DINKES KOTA BANJARMASIN, KALSEL, SETUJUI RENCANA SEKOLAH TATAP MUKA YANG DISIAPKAN DINAS PENDIDIKAN AWAL NOVEMBER