Kompas TV video cerita indonesia

Perantau Bantu Sembako ke Kampung Halaman

Kompas.tv - 26 Mei 2020, 20:03 WIB
Penulis : Theo Reza

PEKALONGAN, KOMPASTV - Hari raya biasanya dimanfaatkan masyarakat di Indonesia untuk silahturahmi dan berkumpul bersama keluarga.

Namun beda halnya dengan belasan pemuda Somongari yang justru memanfatkan waktu libur lebaran dengan kegiatan mengantar dari rumah ke rumah paket bantuan ke 100 warga di desa Somongari.

Paket bantuan ini mereka dapatkan dari penggalangan dana dari para kerabat dan saudara mereka terutama perantau yang kali ni tidak bisa pulang ke kampung halaman.

Koordinator aksi, Eko Budi Santoso menyebut kegiatan ini mereka sebut sebagai ngrogoh rasa kamanungsan.

Mereka memastikan bahwa tidak ada saudara mereka di desa Somongari yang menahan lapar di hari raya ini.

Aksi ini di lakukan sebagai bentuk keprihatinan mereka setelah mengamati carut marutnya sistem pendistribusian bantuan pemerintah yang tidak tepat sasaran.

Kelompok muda-mudi desa Somongari tersebut kemudian berinisiatif untuk mengadakan penggalangan dana secara mandiri guna membantu masyarakat yang terdampak wabah virus corona.

Mereka mengajak saudara dan kerabat mereka terutama para perantau yang mempunyai kelebihan rejeki untuk saling bantu dan gotong royong.

Penggalangan dana ini dilakukan secara mandiri dengan konsep dari kita oleh kita untuk kita.

Mereka menggandeng paguyuban keluarga Somongari yang tersebar di seluruh Indonesia dan warga setempat

Dana yang berhasil dihimpun dari para donatur sampai dengan hari ini telah terkumpul dengan jumlah lebih dari 25 juta rupiah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.