HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV kuliner cerita rasa

Sate Gurita, Gurih, Kenyal dan Pedas

Sabtu, 30 Mei 2020 | 11:01 WIB

ACEH, KOMPAS.TV - Benoe dan Dewi Isra akan menjelajahi wisata bahari di Pulau Rubiah. Pulau yang cantik dan asri dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Saking indahnya Pulau biak disebut sebagai surganya taman laut di Aceh.

Untuk sampai ke pulau rubiah kami harus menyebrang dulu ke Kota Sabang, pulau Weh dengan kapal cepat hanya butuh waktu sekitar 45 menit saja. Dari pantai iboh kami selanjutnya menyebrang dengan perahu ke pulau Rubiah dekat kok jaraknya Sekitar 500 meter saja.

Meskipun kau ini tak berpenghuni, tapi saat siang hari banyak warung yang menjajakan dagangannya. Salah satu kuliner khas yang ditawarkan adalah sate gurita.

Gurita yang dimasak didapatkan dari tangkapan nelayan setempat. Jadi masih seger banget ya, pertama-tama gurita harus direbus dulu selama setengah jam, daging gurita lalu dikuliti dan dipotong dadu tumis bumbu kuning yang terdiri dari bawang putih, kunyit, jahe, dan kemiri.

Kemudian masukkan potongan daging gurita dan masak sampai empuk dan bumbu meresap. 1 tusuk sate berisi 3 potong daging gurita, sate selanjutnya dibakar dan dioles kecap manis.

Satu porsinya berisi tujuh tusuk sate gurita dan dihidangkan bersama bumbu kacang, bumbu kacangnya mirip bumbu kacang di Jawa atau pada sate madura. Terdiri dari kacang tanah, bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, kencur, gula merah, dan santan.

Editor : Krisna Aditomo



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
16:43
ATLET BADMINTON DUNIA LIN DAN MENYATAKAN PENSIUN MELALUI AKUN MEDIA SOSIAL   BPBD: SEBANYAK 9.415 WARGA MENGUNGSI AKIBAT BANJIR BANDANG YANG MELANDA PROVINSI GORONTALO    FORUM REKTOR INDONESIA MINTA PEMERINTAH TANGGUNG BIAYA INTERNET MAHASISWA & DOSEN DALAM PERKULIAHAN DARING   FSGI: PPDB MELALUI ZONASI BINA RW BERPOTENSI MUNCULKAN MASALAH BARU KARENA SEBARAN SEKOLAH TAK MERATA    FEDERASI SERIKAT GURU INDONESIA (FSGI) KRITIK PPDB JAKARTA MELALUI JALUR BINA RW YANG DIBUKA HARI INI   PRESIDEN JOKOWI MENGAJAK SELURUH PERGURUAN TINGGI LEBIH AKTIF BEKERJA SAMA DENGAN SEKTOR INDUSTRI   PRESIDEN JOKOWI MINTA SEMUA PERGURUAN TINGGI BERI PERHATIAN BESAR TERHADAP KESEHATAN MENTAL & FISIK MAHASISWA    PRESIDEN JOKOWI OPTIMITIS INDONESIA BISA JADI NEGARA BERPENGHASILAN TINGGI PADA 2045   PRESIDEN JOKOWI APRESIASI KENAIKAN PERINGKAT INDONESIA JADI NEGARA BERPENGHASILAN MENENGAH KE ATAS   WHO MEMINTA NEGARA-NEGARA TAK ABAIKAN DATA COVID-19   WAGUB AHMAD RIZA PATRIA: PEMPROV DKI GENCAR LAKUKAN TES COVID-19 DAN TELAH LAMPAUI STANDAR WHO   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA SEBUT PENGUNJUNG MAL DI JAKARTA SAAT PSBB TRANSISI HANYA 20 HINGGA 30 PERSEN   PIMPINAN DPR AKAN PANGGIL ANGGOTA KOMISI VII YANG MINTA DILIBATKAN DALAM PENYALURAN DANA CSR BUMN   MERAWAT INGATAN LEWAT CERITA BERSAMA KURATOR CERPEN KOMPAS. DAFTAR WEBINAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID