Kompas TV regional berita daerah

Silaturahmi di Tengah Pandemi

Kompas.tv - 26 Mei 2020, 10:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Moment Lebaran di tengah pandemi Covid-19, sejumlah desa di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, memberikan kelonggaran bagi warganya untuk bersilaturahmi ke sanak keluarga. Meski demikian, mereka yang akan masuk ke desa diwajibkan untuk melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Salah satu desa yang membolehkan warganya untuk bersilaturahmi adalah Desa Pagerdawung, Kecamatan Ringiinarum, Kabupaten Kendal. Masyaraat yang akan masuk ke desa untuk mengunjungi sanak family diwajibkan untuk melewati pintu gerbang desa yang dijaga ketat selama 24 jam.

Di pintu gerbang desa inilah, petugas dan relawan akan mengecek satu persatu pengunjung yang akan masuk ke desa. Selain dilakukan pengecekan suhu tubuh, pengunjung juga diminta menaati protocol kesehatan ketat, seperti wajib memakan masker dan dibatasi waktu bertamu maksimal setengah jam.

Mereka yang tidak mentaati protocol kesehatan akan diminta kembali dan dilarang masuk ke desa. Sementara itu bagi warga dari luar desa yang berkunjung lebih dari setengah jam akan dijemput relawan untuk segera meninggalkan lokasi.

Meski sedikit merepotkan, namun sejumlah warga mendukung dan mulai menyesuikan diri terhadap pengetatan pengunjung yang akan masuk ke desa. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir penularan Covid-19 yang jumlahnya masih tinggi di Kabupaten Kendal.

#Lebaran #Silaturahmi #KabupatenKendal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x