Kompas TV internasional kompas dunia

Sempat Digunakan Trump, WHO Hentikan Uji Coba Hydroxychloroquine Untuk Pasien Covid-19

Kompas.tv - 26 Mei 2020, 11:30 WIB
Penulis : Laura Elvina

JENEWA, KOMPAS.TV - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghentikan sementara uji coba obat malaria hydroxychloroquine pada pasien Covid-19 karena masalah keamanan.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, di Jenewa, Swiss, pada Senin (25/5/2020) waktu setempat.

"Kelompok eksekutif telah menghentikan sementara pengujian hydroxychloroquine dalam uji coba Solidaritas. Sedangkan data keselamatan ditinjau oleh dewan pemantauan keamanan data," ujar Tedros, seperti dikutip dari Associated Press.

Sebelumnya, Hydroxycholoroquine telah dipuji oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump sebagai pengobatan yang mungkin menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus corona itu. Trump juga sempat mengaku bahwa dia menggunakan obat itu untuk membantu mencegah infeksi covid-19.

WHO sebelumnya merekomendasikan untuk tidak menggunakan hydroxychloroquine dalam mengobati atau mencegah infeksi virus corona, kecuali sebagai bagian dari uji klinis.

Sebuah studi sebelumnya terhadap lebih dari 300 pasien pria di pusat-pusat medis Administrasi Kesehatan Veteran di seluruh negeri juga menemukan tingkat kematian yang lebih tinggi pada mereka yang menggunakan hydroxychloroquine.

Baca Juga: Riset: Obat yang Dikonsumsi Trump Ternyata Picu Kematian bagi Pasien Covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x