HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV internasional kompas dunia

Spanyol Ralat Data Jumlah Kematian Akibat Covid-19 Menjadi Lebih Sedikit

Selasa, 26 Mei 2020 | 10:28 WIB

MADRID, KOMPAS.TV - Pemerintah Spanyol meralat data jumlah kematian akibat covid-19, menjadi lebih sedikit. Perubahan data ini diumumkan oleh Kementerian Kesehatan Spanyol pada Senin (25/5/2020), yang menyebutkan jumlah korban meninggal akibat covid-19 adalah 26.834.

Jumlah ini turun 2.000 dari data yang diumumkan hari Minggu (24/5/2020), yakni 28.752 kasus meninggal.

"Jika Anda meninjau data yang dipublikasikan di situs web Kementerian, Anda akan mencatat perbedaan antara data yang dirilis pada hari-hari sebelumnya. (Koreksi) adalah sekitar 1.900 kematian lebih sedikit," ujar Direktur Pusat Kordinasi Darurat Kesehatan Spanyol, Fernando Simon, pad Senin (25/5/2020).

Simon juga menyatakan, pemerintah menemukan adanya pencatatan ganda untuk 1 pasien meninggal karena covid-19. Selain itu, terdapat kesalahan pendataan bagi pasien meninggal yang bukan disebabkan covid-19.

"Kami mengoreksi dan memvalidasi data, menghilangkan duplikat, menghilangkan orang-orang yang dianggap sebagai kasus covid-19 tetapi kemudian dilabeli sebagai pasien dalam pengawasan oleh pihak berwenang. Maka mereka harus diberi label berbeda," lanjut Simon.

Namun, angka itu tidak termasuk ribuan orang yang meninggal, terutama di panti jompo, meskipun dengan gejala yang disebabkan oleh virus corona.

Pemerintah Spanyol juga mengumumkan jumlah kematian harian di negara tersebut sudah turun. Pada senin (25/5/2020), jumlah meninggal dunia akibat covid-19 adalah 50 orang. 

Sejauh ini, spanyol mencatat total kasus virus corona di negara tersebut mencapai 235.400 dengan jumlah kematian mendekati 27.000. 

Editor : Laura Elvina



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
13:27
MERAWAT INGATAN LEWAT CERITA BERSAMA KURATOR CERPEN KOMPAS. DAFTAR WEBINAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   HINGGA 6 JULI 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI KALIMANTAN BARAT: 339 POSITIF, 300 SEMBUH, 4 MENINGGAL DUNIA   DINKES KALIMANTAN BARAT: 68 WARGA KOTA PONTIANAK JALANI TES “SWAB” KARENA KELUAR RUMAH TIDAK MENGGUNAKAN MASKER   PEKAN DEPAN, POLISI PERIKSA LEGISLATOR PENJAMIN JENAZAH KORONA DI RSUD DAYA MAKASSAR   POLISI MENAIKKAN STATUS HUKUM KASUS PENGAMBILAN JENAZAH KORONA DI RSUD DAYA MAKASSAR KE PENYIDIKAN   PEMKOT PEKANBARU, RIAU, LAPOR POLISI SOAL DUGAAN PENCURIAN 8.800 METER KABEL LAMPU JALAN PENERANGAN UMUM   PT KAI USULKAN KE PEMERINTAH AGAR KAPASITAS PENUMPANG KRL DINAIKKAN JADI 60% GUNA KURANGI JUMLAH ANTREAN DI STASIUN   KEMENDAGRI PASTIKAN BURONAN PERKARA “CESSIE” BANK BALI, DJOKO TJANDRA, MASIH BERSTATUS WNI   KEMENDIKBUD PASTIKAN BELAJAR DARI RUMAH TIDAK AKAN PERMANEN   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO SEBUT TIDAK ADA PENERIMAAN CPNS TAHUN 2020 DAN 2021   TERDAMPAK PANDEMI KORONA, LION AIR POTONG GAJI MANAJEMEN DAN KARYAWAN SERTA MENGURANGI KARYAWAN KONTRAK   MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN (KP) EDHY PRABOWO SIAP DIAUDIT SOAL EKSPOR LOBSTER   WAKIL DIRESKRIMUM POLDA METRO JAYA SEBUT RENCANA PENYERANGAN NUS KEI DISIAPKAN OLEH 3 PELAKU   MENSESNEG PRATIKNO SEBUT PERAYAAN KARNAVAL INTERNASIONAL PERAYAAN HUT KE-75 RI DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA