Kompas TV video cerita indonesia

Mantap! Kualitas Udara Jakarta saat Lebaran 2020 Terbaik selama Lima Tahun Terakhir

Kompas.tv - 25 Mei 2020, 21:01 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kualitas udara di Ibu Kota DKI Jakarta saat Idul Fitri 1441 Hijriah, Minggu (24/5/2020) merupakan yang terbaik selama lima tahun terakhir.

Kualitas udara yang dirasakan oleh warga merupakan imbas dari pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Selama libur hari raya, data menunjukkan kualitas udara semakin baik lagi," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih melalui keterangan tertulis kepada wartawan yang dikutip dari Kompas.com, Senin (25/5/2020).

Andono Warih menambahkan, selama lima tahun terakhir, kadar polutan di langit Jakarta konsisten menurun setiap kali jelang Idul Fitri dan libur Lebaran.

Beberapa polutan yang diukur antara lain PM 2,5 (debu ukuran 2,5 mikron), CO (karbon monoksida), NO2 (nitrogen dioksida), SO2 (sulfur dioksida), dan O3 (ozon).

"Namun, tahun ini penurunan konsentrasi pencemar udara makin tinggi lagi. Disimpulkan, kualitas udara Lebaran 2020 paling baik dibandingkan Lebaran lima tahun ke belakang," ujar Andono.

Ada pun pemantauan kualitas udara dilakukan di enam stasiun, yakni Bundaran HI untuk pinggir jalan, Kelapa Gading, Jagakarsa, Lubang Buaya, dan Kebon Jeruk untuk permukiman, ditambah tiga stasiun mobile.

Dari situlah, diperoleh data bahwa pada Idul Fitri 2020, konsentrasi dua parameter utama yakni PM 2,5 dan CO telah memenuhi baku mutu.

#KualitasUdara #Jakarta #Corona

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x