Kompas TV video cerita indonesia

Riset: Obat yang Dikonsumsi Trump Ternyata Picu Kematian bagi Pasien Covid-19

Kompas.tv - 24 Mei 2020, 21:00 WIB
Penulis : Desy Hartini

KOMPAS.TV - Obat yang dikonsumsi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, untuk menangkal Covid-19 sebenarnya justru dapat meningkatkan risiko kematian para pasien Covid-19.

Hal itu terungkap dalam sebuah kajian yang dimuat jurnal ilmiah Lancet. Dilansir dari Kompas.com, kajian tersebut menyebutkan penanganan para pasien Covid-19 dengan obat antimalaria hidroksiklorokuin sama sekali tidak ada manfaatnya.

Hidroksiklorokuin aman bagi pasien malaria serta pasien lupus atau arthritis, tetapi tidak ada uji klinis yang merekomendasikan hidroksiklorokuin bagi pasien yang terjangkit virus corona.

Kajian terbaru yang dilakukan melibatkan 96.000 pasien Covid-19. Dari jumlah itu, hampir 15.000 di antara mereka diberikan hidroksiklorokuin, baik sebagai obat tunggal maupun dengan didampingi antibiotik.

Hasil kajian menyebutkan bahwa pasien-pasien yang besar kemungkinan meninggal di rumah sakit dan mengalami komplikasi detak jantung adalah mereka yang mengonsumsi hidroksiklorokuin.

Tingkat kematian antara kelompok pasien Covid-19 sebagai berikut: Hidroksiklorokuin 18 persen; klorokuin 16,4 persen, pasien-pasien yang tidak mengonsumsi hidroksiklorokuin dan klorokuin 9 persen.

Bahkan, pasien yang diberikan hidroksiklorokuin atau klorokuin yang digabungkan dengan antibiotik, tingkat kematian mereka lebih tinggi.

Para peneliti pun mewanti-wanti bahwa hidroksiklorokuin sebaiknya tidak diberikan di luar uji klinis.

Masih mengutip dari Kompas.com, ketika ditanya mengenai kajian yang dimuat jurnal Lancet ini, Koordinator Gugus Tugas Gedung Putih Penanganan Virus Corona, Dr Deborah Birx, mengatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah "sangat jelas" mengenai kerisauan mengenai penggunaan hidroksiklorokuin sebagai obat pencegahan virus corona atau perawatan pasien Covid-19.

Dr Marcos Espinal, direktur Organisasi Kesehatan Pan American - bagian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) - menekankan bahwa tidak ada uji klinis yang pernah merekomendasikan hidroksiklorokuin sebagai obat penanganan pasien Covid-19.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan dirinya mengonsumsi hidroksiklorokuin untuk menangkal virus corona.  

Trump mengatakan kepada wartawan bahwa baru-baru ini dia mulai mengonsumsi obat untuk penyakit malaria dan lupus tersebut.

"Saya mengonsumsinya selama sekitar satu setengah pekan dan saya masih di sini, saya masih di sini," ujarnya.

Trump, yang berulang kali menyanjung hidroksiklorokuin, juga menyebut banyak tenaga kesehatan mengonsumsi obat tersebut.

"Anda akan terkejut betapa banyak orang mengonsumsinya, terutama para pekerja di garis depan sebelum mereka tertular. Para pekerja di garis depan, banyak, banyak yang meminumnya," papar Trump kepada para wartawan.

"Kebetulan saya juga mengonsumsinya." lanjut Trump lagi.

#Trump #Corona #Covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x