HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Kue Patola Menu Favorit Ramadan

Sabtu, 23 Mei 2020 | 17:29 WIB

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Siapa sih yang tak mengenal kue patola, jajanan tradisional yang selalu menjadi idola bagi pecinta kuliner saat Ramadan.

Di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, penjual kue patola pun meraup untung, karena penjualannya meningkat seratus persen di saat Rramadan.

Bagi masyarakat Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, khususnya orang dewasa, kue patola sudah tidak asing lagi. Patola merupakan salah satu kuliner tempo dulu, yang bisa dijumpai dengan mudah saat bulan Ramadan.

Salah satu pembuat kue patola, yang masih bertahan hingga sampai saat ini adalah Istifala, warga Jalan Ikan Bedul, Lingkungan Kaliasin, Kelurahan Karangrejo, Kabupaten Banyuwangi.

Ibu paruh baya ini menekuni bisnis kue patola sejak berusia 20 tahun, saat itu ia meneruskan usaha orang tuanya. Dengan dibantu 4 orang saudaranya, Istifala tampak sibuk membuat adonan jajanan tradisional kue patola, yang akan dijual menjelang waktu berbuka puasa.

Cara membuat kue patola cukup mudah dan sangat praktis. Hanya membutuhkan bahan, yang biasa digunakan sehari-hari, seperti tepung beras, pewarna makanan, garam dan air. Bahan yang sudah dicampur ini kemudian dicetak menggunakan cetakan tradisional, lalu di kukus ke panci besar selama 20 menit dengan suhu panas sekitar 100 derajat.

Di masa pandemi virus corona, permintaan kue patola tetap tinggi. Bahkan Ramadan tahun ini, penjualannya meningkat 100 persen dibanding Ramadan tahun kemarin. Ibu tiga anak ini mampu membuat 80 kilogram kue patola dalam sehari pada Ramadan tahun ini, sedangkan Ramadan tahun kemarin hanya 40 kilogram kue patola per hari.

Kemasan kue patola memiliki warna bervarisi, mulai merah, hijau dan putih. Satu bungkus kue patola dijual Rp. 6.000.

Kue patola lebih enak dinikmati saat hangat dengan disiram kuah santan, yang dicampur gula jawa dan daun pandan. Aroma harum pandan dan rasa manis gula jawa membuat kue patola selalu dirindukan.

#KuePatola #JajananTradisional #Banyuwangi

Editor : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
13:43
MENTERI OLAHRAGA ITALIA: COPPA ITALIA AKAN KEMBALI BERGULIR PADA 13 JUNI 2020   MANTAN PM MALAYSIA MAHATHIR MOHAMAD DAN MANTAN MENPORA MALAYSIA SYED SADDIQ DIPECAT DARI PARTAI BERSATU   POLISI AKAN DISIAGAKAN DI TITIK-TITIK KERAMAIAN SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL" DI DKI JAKARTA   BADAN PENGELOLA TRANSPORTASI JABODETABEK (BPTJ) SIAPKAN ATURAN BARU BERKENDARA SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL"   KONFEDERASI SERIKAT PEKERJA INDONESIA TEGASKAN KELOMPOK BURUH BUTUH SOLUSI DARI ANCAMAN PHK KETIMBANG "NEW NORMAL"   GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19: APD BUATAN INDONESIA PENUHI STANDAR WHO    PELAKSANAAN PILKADA 2020 DIUNDUR DESEMBER AKIBAT PANDEMI KORONA   KPU AJUKAN TAMBAHAN ANGGARAN PILKADA 2020 SEBESAR RP 535,981 MILIAR   KETUA KPU ARIEF BUDIMAN BERHARAP ANGGARAN TAMBAHAN PILKADA CAIR DI AWAL JUNI 2020   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PEMBEBASAN LAHAN JADI HAMBATAN TERBESAR PENGERJAAN PROYEK STRATEGIS NASIONAL   PRESIDEN JOKOWI MINTA PROYEK STRATEGIS NASIONAL YANG PULIHKAN EKONOMI DIPRIORITASKAN   PIMPIN RATAS, PRESIDEN JOKOWI: HARI INI KITA AKAN EVALUASI PROYEK STRATEGIS NASIONAL UNTUK PEMULIHAN EKONOMI   PRESIDEN JOKOWI DAN WAPRES MA'RUF AMIN DIJADWALKAN HADIRI UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA   BADAN PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA (BPIP) AKAN GELAR UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA PADA 1 JUNI 2020