Kompas TV klik360 cerita indonesia

[INFOGRAFIS] Studi Baru: Kucing Terjangkit Covid-19 Bisa Tularkan Ke Kucing Lain

Sabtu, 23 Mei 2020 | 17:14 WIB

KOMPASTV - Wabah Covid-19 yang tak hanya menginfeksi manusia, tetapi juga hewan termasuk kucing. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan kucing yang terinfeksi Covid-19 bisa menularkan ke kucing lainnya, meskipun tanpa gejala penyakit.

Kasus pertama Covid-19 yang menulari kucing dari manusia ditemukan di Belgia pada beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Kompas.com, Penelitian pun dilakukan untuk mengetahui kemungkinan penularan antar kucing, yang dilakukan oleh para peneliti dari AS dan Jepang.

Mereka mengisolasi tiga ekor kucing dan memberikan virus corona di area tersebut, yang diambil dari pasien positif Covid-19.

Hari berikutnya, pemeriksaan swab hidung menunjukkan bahwa virus sudah menginfeksi dua kucing.

Dalam tiga hari, semua kucing dinyatakan positif terkena virus.

Esoknya, kucing keempat yang tidak terinfeksi virus ditempatkan di kandang dekat tiga kucing yang positif Covid-19.

Dalam enam hari, seluruh kucing terinfeksi virus corona berdasarkan hasil pemeriksaan swab hidung.

Setiap kucing melepaskan virus dari saluran hidung mereka hingga enam hari. Tetapi virus itu tidak mematikan dan sebagian besar kucing tidak menunjukkan gejala. Setiap kucing pun berhasil sembuh dari virus dengan sendirinya.

Penularan antar kucing ini menunjukkan bahwa hewan tersebut dapat menjadi "inang perantara hening" karena mereka tidak selalu menunjukkan gejala Covid-19.

Para peneliti mengingatkan bahwa tidak ada bukti bahwa kucing dapat menularkan kembali virus ke manusia. Hingga saat ini juga tidak ada kasus penularan dari kucing ke manusia.

"( Kucing) masih jauh lebih mungkin untuk mendapatkan penularan Covid-19 dari Anda, daripada Anda mendapatkannya penualaran dari kucing," kata peneliti.

Editor : Theo Reza



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Bisnis Kuliner Sehat Tetap Eksis

Jumat, 14 Agustus 2020 | 16:17 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:33
DONASI BAGI SENIMAN BISA DISALURKAN KE YAYASAN DANA KEMANUSIAAN KOMPAS: 211144228 (BNI) ATAU 0123021433 (BCA)   DONASI 100 HARI KEPERGIAN DIDI KEMPOT MASIH DIBUKA. MARI BANTU SENIMAN YANG TERDAMPAK COVID-19 AGAR TETAP BERTAHAN   PEMIMPIN KOREA UTARA KIM JONG UN TOLAK BANTUAN INTERNASIONAL TERKAIT COVID-19   KAPOLRES METRO JAKUT SEBUT TIGA PROYEKTIL MENGENAI TUBUH KORBAN PENEMBAKAN DI KELAPA GADING   KETUM PARTAI BERKARYA HUTOMO MANDALA PUTRA TOLAK DAN TIDAK AKUI MUNASLUB KUBU MUCHDI PR   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI LUHUT B PANDJAITAN TEGASKAN PEMERINTAH SELALU AMBIL KEPUTUSAN SECARA TERUKUR    BRASIL MENCATAT 1.262 KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DALAM 24 JAM TERAKHIR   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL MINTA PEMKOT DEPOK PERKUAT DISIPLIN MASYARAKAT DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KASAD JENDERAL ANDIKA PERKASA SEBUT PASIEN COVID-19 DI SECAPA ANGKATAN DARAT TINGGAL 4 ORANG   KABID HUMAS POLDA METRO: DITEGUR OLEH PEGAWAI KPK, MUMTAZ RAIS TERNYATA MALAH MELAWAN   SELAIN PRAMUGARI, KABID HUMAS POLDA METRO SEBUT MUMTAZ RAIS JUGA DITEGUR WAKIL KETUA KPK NAWAWI POMOLANGO   POLDA METRO JAYA SEBUT KETUA DPP PAN MUMTAZ RAIS DITEGUR PRAMUGARI 3 KALI ATAS DUGAAN PENGGUNAAN PONSEL DI PESAWAT   INFO TERKINI, RSD WISMA ATLET RAWAT 1.303 PASIEN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI MINTA KRISIS MENJADI MOMENTUM UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN