Kompas TV video cerita indonesia

[INFOGRAFIS] Studi Baru: Kucing Terjangkit Covid-19 Bisa Tularkan Ke Kucing Lain

Kompas.tv - 23 Mei 2020, 17:14 WIB
Penulis : Theo Reza

KOMPASTV - Wabah Covid-19 yang tak hanya menginfeksi manusia, tetapi juga hewan termasuk kucing. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan kucing yang terinfeksi Covid-19 bisa menularkan ke kucing lainnya, meskipun tanpa gejala penyakit.

Kasus pertama Covid-19 yang menulari kucing dari manusia ditemukan di Belgia pada beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Kompas.com, Penelitian pun dilakukan untuk mengetahui kemungkinan penularan antar kucing, yang dilakukan oleh para peneliti dari AS dan Jepang.

Mereka mengisolasi tiga ekor kucing dan memberikan virus corona di area tersebut, yang diambil dari pasien positif Covid-19.

Hari berikutnya, pemeriksaan swab hidung menunjukkan bahwa virus sudah menginfeksi dua kucing.

Dalam tiga hari, semua kucing dinyatakan positif terkena virus.

Esoknya, kucing keempat yang tidak terinfeksi virus ditempatkan di kandang dekat tiga kucing yang positif Covid-19.

Dalam enam hari, seluruh kucing terinfeksi virus corona berdasarkan hasil pemeriksaan swab hidung.

Setiap kucing melepaskan virus dari saluran hidung mereka hingga enam hari. Tetapi virus itu tidak mematikan dan sebagian besar kucing tidak menunjukkan gejala. Setiap kucing pun berhasil sembuh dari virus dengan sendirinya.

Penularan antar kucing ini menunjukkan bahwa hewan tersebut dapat menjadi "inang perantara hening" karena mereka tidak selalu menunjukkan gejala Covid-19.

Para peneliti mengingatkan bahwa tidak ada bukti bahwa kucing dapat menularkan kembali virus ke manusia. Hingga saat ini juga tidak ada kasus penularan dari kucing ke manusia.

"( Kucing) masih jauh lebih mungkin untuk mendapatkan penularan Covid-19 dari Anda, daripada Anda mendapatkannya penualaran dari kucing," kata peneliti.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.