Kompas TV klik360 cerita indonesia

[INFOGRAFIS] Studi Baru: Kucing Terjangkit Covid-19 Bisa Tularkan Ke Kucing Lain

Sabtu, 23 Mei 2020 | 17:14 WIB

KOMPASTV - Wabah Covid-19 yang tak hanya menginfeksi manusia, tetapi juga hewan termasuk kucing. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan kucing yang terinfeksi Covid-19 bisa menularkan ke kucing lainnya, meskipun tanpa gejala penyakit.

Kasus pertama Covid-19 yang menulari kucing dari manusia ditemukan di Belgia pada beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Kompas.com, Penelitian pun dilakukan untuk mengetahui kemungkinan penularan antar kucing, yang dilakukan oleh para peneliti dari AS dan Jepang.

Mereka mengisolasi tiga ekor kucing dan memberikan virus corona di area tersebut, yang diambil dari pasien positif Covid-19.

Hari berikutnya, pemeriksaan swab hidung menunjukkan bahwa virus sudah menginfeksi dua kucing.

Dalam tiga hari, semua kucing dinyatakan positif terkena virus.

Esoknya, kucing keempat yang tidak terinfeksi virus ditempatkan di kandang dekat tiga kucing yang positif Covid-19.

Dalam enam hari, seluruh kucing terinfeksi virus corona berdasarkan hasil pemeriksaan swab hidung.

Setiap kucing melepaskan virus dari saluran hidung mereka hingga enam hari. Tetapi virus itu tidak mematikan dan sebagian besar kucing tidak menunjukkan gejala. Setiap kucing pun berhasil sembuh dari virus dengan sendirinya.

Penularan antar kucing ini menunjukkan bahwa hewan tersebut dapat menjadi "inang perantara hening" karena mereka tidak selalu menunjukkan gejala Covid-19.

Para peneliti mengingatkan bahwa tidak ada bukti bahwa kucing dapat menularkan kembali virus ke manusia. Hingga saat ini juga tidak ada kasus penularan dari kucing ke manusia.

"( Kucing) masih jauh lebih mungkin untuk mendapatkan penularan Covid-19 dari Anda, daripada Anda mendapatkannya penualaran dari kucing," kata peneliti.

Penulis : Theo Reza





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:42
AMERIKA SERIKAT TUTUP PERBATASAN DARAT DENGAN KANADA DAN MEKSIKO HINGGA JULI 2021 KARENA PANDEMI KORONA   KOREA SELATAN AKAN LONGGARKAN ATURAN JAGA JARAK SOSIAL MULAI 1 JULI 2020   EMPAT PENERJUN PAYUNG TEWAS DAN 12 LAINNYA TERLUKA DALAM KECELAKAAN PESAWAT DI KEMEROVO, SIBERIA   PERUSAHAAN PETROLEUM TERBESAR DI TIONGKOK TEMUKAN AREA DENGAN CADANGAN 1 MILIAR TON MINYAK DAN GAS DI XINJIANG   EBRAHIM RAISI JADI PRESIDEN, IRAN AKAN KEMBALI NEGOSIASI SOAL KESEPAKATAN NUKLIR   PRESIDEN JAIR BOLSONARO DIDEMO SETELAH KASUS KEMATIAN PASIEN COVID-19 DI BRASIL TEMBUS 500.000 JIWA   POLDA SUMATERA BARAT PERPANJANG VAKSINASI COVID-19 GRATIS BAGI WARGA KOTA PADANG HINGGA HARI RABU, 30 JUNI 2021   INDONESIA TERPILIH MEWAKILI ASIA SEBAGAI ANGGOTA DEWAN FAO 2021-2024   DFW INDONESIA SEBUT 42 KECELAKAAN LAUT SEJAK DESEMBER 2020 HINGGA JUNI 2021 MENGAKIBATKAN 83 NELAYAN HILANG   DESTRUCTIVE FISHING WATCH (DFW) INDONESIA CATAT TERDAPAT 42 KECELAKAAN LAUT SEJAK DESEMBER 2020 HINGGA JUNI 2021   BPPTKG: GUNUNG MERAPI LUNCURKAN AWAN PANAS SEJAUH 1,5 KILOMETER ARAH BARAT DAYA SENIN PAGI   LEMBAGA PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN (LPSK) SIAP LINDUNGI SAKSI KASUS PENEMBAKAN JURNALIS DI MEDAN   IKATAN AHLI KESEHATAN MASYARAKAT (IAKMI) DORONG PEMERINTAH LAKUKAN PSBB KETAT ATAU “LOCKDOWN” SECARA REGIONAL   SATGAS COVID-19: KEBIJAKAN PPKM MIKRO PUNYA SUBSTANSI YANG SAMA DENGAN PENERAPAN “LOCKDOWN”