HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

[INFOGRAFIS] Studi Baru: Kucing Terjangkit Covid-19 Bisa Tularkan Ke Kucing Lain

Sabtu, 23 Mei 2020 | 17:14 WIB

KOMPASTV - Wabah Covid-19 yang tak hanya menginfeksi manusia, tetapi juga hewan termasuk kucing. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan kucing yang terinfeksi Covid-19 bisa menularkan ke kucing lainnya, meskipun tanpa gejala penyakit.

Kasus pertama Covid-19 yang menulari kucing dari manusia ditemukan di Belgia pada beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Kompas.com, Penelitian pun dilakukan untuk mengetahui kemungkinan penularan antar kucing, yang dilakukan oleh para peneliti dari AS dan Jepang.

Mereka mengisolasi tiga ekor kucing dan memberikan virus corona di area tersebut, yang diambil dari pasien positif Covid-19.

Hari berikutnya, pemeriksaan swab hidung menunjukkan bahwa virus sudah menginfeksi dua kucing.

Dalam tiga hari, semua kucing dinyatakan positif terkena virus.

Esoknya, kucing keempat yang tidak terinfeksi virus ditempatkan di kandang dekat tiga kucing yang positif Covid-19.

Dalam enam hari, seluruh kucing terinfeksi virus corona berdasarkan hasil pemeriksaan swab hidung.

Setiap kucing melepaskan virus dari saluran hidung mereka hingga enam hari. Tetapi virus itu tidak mematikan dan sebagian besar kucing tidak menunjukkan gejala. Setiap kucing pun berhasil sembuh dari virus dengan sendirinya.

Penularan antar kucing ini menunjukkan bahwa hewan tersebut dapat menjadi "inang perantara hening" karena mereka tidak selalu menunjukkan gejala Covid-19.

Para peneliti mengingatkan bahwa tidak ada bukti bahwa kucing dapat menularkan kembali virus ke manusia. Hingga saat ini juga tidak ada kasus penularan dari kucing ke manusia.

"( Kucing) masih jauh lebih mungkin untuk mendapatkan penularan Covid-19 dari Anda, daripada Anda mendapatkannya penualaran dari kucing," kata peneliti.

Editor : Theo Reza



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
15:21
MENTERI OLAHRAGA ITALIA: COPPA ITALIA AKAN KEMBALI BERGULIR PADA 13 JUNI 2020   MANTAN PM MALAYSIA MAHATHIR MOHAMAD DAN MANTAN MENPORA MALAYSIA SYED SADDIQ DIPECAT DARI PARTAI BERSATU   POLISI AKAN DISIAGAKAN DI TITIK-TITIK KERAMAIAN SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL" DI DKI JAKARTA   BADAN PENGELOLA TRANSPORTASI JABODETABEK (BPTJ) SIAPKAN ATURAN BARU BERKENDARA SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL"   KONFEDERASI SERIKAT PEKERJA INDONESIA TEGASKAN KELOMPOK BURUH BUTUH SOLUSI DARI ANCAMAN PHK KETIMBANG "NEW NORMAL"   GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19: APD BUATAN INDONESIA PENUHI STANDAR WHO    PELAKSANAAN PILKADA 2020 DIUNDUR DESEMBER AKIBAT PANDEMI KORONA   KPU AJUKAN TAMBAHAN ANGGARAN PILKADA 2020 SEBESAR RP 535,981 MILIAR   KETUA KPU ARIEF BUDIMAN BERHARAP ANGGARAN TAMBAHAN PILKADA CAIR DI AWAL JUNI 2020   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PEMBEBASAN LAHAN JADI HAMBATAN TERBESAR PENGERJAAN PROYEK STRATEGIS NASIONAL   PRESIDEN JOKOWI MINTA PROYEK STRATEGIS NASIONAL YANG PULIHKAN EKONOMI DIPRIORITASKAN   PIMPIN RATAS, PRESIDEN JOKOWI: HARI INI KITA AKAN EVALUASI PROYEK STRATEGIS NASIONAL UNTUK PEMULIHAN EKONOMI   PRESIDEN JOKOWI DAN WAPRES MA'RUF AMIN DIJADWALKAN HADIRI UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA   BADAN PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA (BPIP) AKAN GELAR UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA PADA 1 JUNI 2020