HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Pelayanan Publik era "New Normal" di Banyuwangi

Sabtu, 23 Mei 2020 | 16:45 WIB

BANYUWANGI, KOMPASTV - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur membuka kembali pelayanan publik dengan standar new normal atau standart baru sesuai protokol kesehatan.

Salah satu pilot projek pelayanan new normal ini adalah Kantor Desa Genteng Kulon dimana pelayanan pemerintahan desa dilakukan sesuai protokol covid-19.

Dimana seluruh petugas maupun masyarakat yang hendak mengurus administrasi di kantor desa diwajibkan memakai alat pelindung diri.

Pelayanan ini terpaksa dibuka kembali lantaran belum jelas sampai kapan pandemi covid-19 ini akan berahir.

Meski telah membuka kembali pelayanan publik namun kantor desa yang di desain khusus mirip kafe ini menerapkan pelayanan new normal atau pelayanan baru sesuai protokol kesehatan yang di anjurkan oleh pemerintah.

Pelayanan new normal ini adalah bentuk solusi dimana meski masih dalam pandemi namun roda pemerintahan tetap bisa dijalankan dengan menambah aturan baru.

Yaitu seluruh petugas maupun masyarakat yang hendak mengurus administrasi diwajibkan memakai masker dan alat pelindung diri termasuk cuci tangan, cek suhu tubuh dan menjalani prosedur kesehatan lainya sebelum masuk ke kantor pelayanan desa.

Dari data Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pelayanan seperti ini rencananya akan dilakukan di 189 desa yang ada di Kabupaten Ujung Timur pulau Jawa tersebut.

Jika ini berhasil dilakukan, maka roda pemerintahan akan bisa terus berjalan meski dalam pandemi covid-19.

Selain itu, bagi warga yang baru datang atau mudik dari zona merah Pemerintah desa juga menyiapkan rumah isolasi mandiri yang dilengkapi fasilitas rumah tangga beserta konsumsinya secara gratis.
 

Editor : Theo Reza



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
15:20
MENTERI OLAHRAGA ITALIA: COPPA ITALIA AKAN KEMBALI BERGULIR PADA 13 JUNI 2020   MANTAN PM MALAYSIA MAHATHIR MOHAMAD DAN MANTAN MENPORA MALAYSIA SYED SADDIQ DIPECAT DARI PARTAI BERSATU   POLISI AKAN DISIAGAKAN DI TITIK-TITIK KERAMAIAN SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL" DI DKI JAKARTA   BADAN PENGELOLA TRANSPORTASI JABODETABEK (BPTJ) SIAPKAN ATURAN BARU BERKENDARA SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL"   KONFEDERASI SERIKAT PEKERJA INDONESIA TEGASKAN KELOMPOK BURUH BUTUH SOLUSI DARI ANCAMAN PHK KETIMBANG "NEW NORMAL"   GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19: APD BUATAN INDONESIA PENUHI STANDAR WHO    PELAKSANAAN PILKADA 2020 DIUNDUR DESEMBER AKIBAT PANDEMI KORONA   KPU AJUKAN TAMBAHAN ANGGARAN PILKADA 2020 SEBESAR RP 535,981 MILIAR   KETUA KPU ARIEF BUDIMAN BERHARAP ANGGARAN TAMBAHAN PILKADA CAIR DI AWAL JUNI 2020   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PEMBEBASAN LAHAN JADI HAMBATAN TERBESAR PENGERJAAN PROYEK STRATEGIS NASIONAL   PRESIDEN JOKOWI MINTA PROYEK STRATEGIS NASIONAL YANG PULIHKAN EKONOMI DIPRIORITASKAN   PIMPIN RATAS, PRESIDEN JOKOWI: HARI INI KITA AKAN EVALUASI PROYEK STRATEGIS NASIONAL UNTUK PEMULIHAN EKONOMI   PRESIDEN JOKOWI DAN WAPRES MA'RUF AMIN DIJADWALKAN HADIRI UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA   BADAN PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA (BPIP) AKAN GELAR UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA PADA 1 JUNI 2020