HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV TALKSHOW rosi

Cegah Naiknya Tarif, KPK Rekomendasikan Ini untuk BPJS - ROSI

Sabtu, 23 Mei 2020 | 16:27 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah merekomendasikan enam poin kebijakan yang dapat dilakukan BPJS Kesehatan untuk mencegah kenaikan tarif iuran.

Namun menurut Dirut BPJS, Fachmi Idris, dari enam poin rekomendasi tersebut, salah satunya yang menjadi fokus ialah menindaklanjuti verifikasi klaim untuk mengatasi tindakan curang (fraud) di lapangan.

Ada anggapan bahwa defisit BPJS Kesehatan terjadi karena banyaknya kecurangan di rumah sakit. Padahal menurut data Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), persentase kecurangan di ranah BPJS termasuk kecil, yaitu sekitar 1% dan setelah dilakukan peninjauan ulang, menurun menjadi 0.13%.

Ia juga mengatakan bahwa dari beberapa poin rekomendasi KPK, BPJS Kesehatan tetap mengalami defisit yang besar, sehingga harus diseimbangi dengan kenaikan iuran, yang telah ditetapkan pada Selasa, 5 Mei lalu.

Enam poin rekomendasi KPK antara lain mencegah biaya yang tidak diperlukan lewat Pedoman Nasional Praktik Kesehatan (PNPK), membuka opsi pembatasan klaim penyakit katastropik, dan akselerasi koordinasi dengan asuransi kesehatan.

Kemudian melakukan implementasi co-payment 10% bagi peserta mandiri dan mengevaluasi penetapan kelas rumah sakit. Terakhir menindaklanjuti verifikasi klaim untuk mengatasi tindakan curang (fraud) di lapangan.

Selengkapnya, hanya di dialog Rosianna Silalahi bersama Fachmi Idris (Direktur Utama BPJS Kesehatan) dalam Talkshow ROSI episode BPJS Naik, Drama Baru Jaminan Keseharan. Tayang 21 Mei 2020 WIB di Kompas TV Independen Tepercaya.

Jangan lewatkan dialog seru lainnya di program ROSI setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB hanya di @kompastv. Independen Tepercaya.

Dan follow akun Instagram talkshow ROSI @rosi_kompastv juga Twitter di @Rosi_KompasTV.

#RosiKompasTV #TalkshowRosi #Rosi #KompasTV #Talkshow #BPJSKesehatan #BPJS #Kesehatan #PesertaBPJS

Editor : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
03:41
JUMLAH KASUS KORONA DI DUNIA: 5.439.559 POSITIF, 2.185.696 SEMBUH, 345.589 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI AS: 1.646.495 POSITIF, 366.736 SEMBUH, 97.811 MENINGGAL DUNIA   ANGKA KASUS POSITIF DAN KEMATIAN KARENA KORONA DI AS TERTINGGI DI DUNIA   PRESIDEN AS DONALD TRUMP MENGAKU TAK LAGI MENGONSUMSI OBAT MALARIA, HIDROKSIKLOROKUIN, UNTUK MELAWAN KORONA   KEMENKES MALAYSIA: 38 WNI DI DEPO TAHANAN IMIGRASI DI SEPANG POSITIF TERINFEKSI KORONA   SEBANYAK 297 NARAPIDANA DI LAPAS KELAS IIA KENDARI, SULAWESI TENGGARA, TERIMA REMISI LEBARAN   PEMKOT SAMARINDA, KALIMANTAN TIMUR, TETAPKAN STATUS TANGGAP DARURAT BANJIR HINGGA 4 JUNI 2020   SEBANYAK 16 PETAK TOKO DI PASAR RAYA PADANG, SUMATERA BARAT, HANGUS TERBAKAR   JUMLAH KASUS KORONA DI BENGKULU: 69 POSITIF, 9 SEMBUH, 2 MENINGGAL DUNIA   PEMKAB LEBONG, BENGKULU, TUTUP PINTU PERBATASAN HINGGA 27 MEI 2020 GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   MASA PEMBERLAKUKAN PSBB DI SURABAYA RAYA DIPERPANJANG HINGGA 8 JUNI 2020   DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI: KUALITAS UDARA JAKARTA SAAT LEBARAN 2020 JADI YANG TERBAIK SEJAK 5 TAHUN TERAKHIR   ACHMAD YURIANTO: KITA HARUS KEMBALI PRODUKTIF NAMUN TETAP AMAN DARI PENULARAN KORONA   JUBIR PEMERINTAH PENANGANAN KORONA, ACHMAD YURIANTO: BANYAK ANAK-ANAK YANG TERTULAR COVID-19 DARI ORANG DEWASA