Kompas TV internasional kompas dunia

Lockdown di Italia Dilonggarkan, Warga Boleh Saling Bertemu

Kompas.tv - 23 Mei 2020, 15:25 WIB
Penulis : Merlion Gusti

ROMA, KOMPAS.TV - Setelah melonggarkan pembatasan "Lockdown", roda ekonomi Italia perlahan mulai kembali bergulir.

Pemerintah Italia kini memperbolehkan pembukaan kelab malam, bar dan restoran, serta mengizinkan pertemuan warga.

Jumat malam waktu setempat, kehidupan malam roma, mulai berdenyut.

Titik-titik populer di pusat kota roma yang bersejarah pun kembali dipenuhi warga, yang bercengkerama bersama teman, walau tetap di bawah pengawasan ketat polisi, wajib jaga jarak minimal dua meter, serta memakai masker.

Mulai pekan ini, bar diperbolehkan membuka meja di luar ruangan, dengan protokol kesehatan.

Meski demikian Perdana Menteri Italia, Giusseppe Conte, mengingatkan, meski pembatasan "Lockdown" di italia telah dilonggarkan, bukan berarti warga bisa berpesta.

Namun kehidupan warga Italia belum sepenuhnya pulih. Mereka memasuki fase "New Normal" di mana mereka masih harus mengikuti sejumlah protokol kesehatan.

Meski lockdown telah dibuka, bukan berarti virus sudah lenyap. Untuk itulah, pemerintah Italia masih melarang beberapa kegiatan seperti pertemuan sosial, serta wajib menggunakan masker saat berada di ruang publik yang tertutup dan di tansportasi umum.

Selain itu, kegiatan pemakaman telah diperbolehkan namun hanya memperbolehkan maksimal 15 orang orang pelayat, sedangkan untuk kegiatan pernikahan masih harus menunggu.

Tak hanya Italia, sejumlah negara lain di Eropa juga telah membuka lockdown di negaranya. Seperti di Jerman, sejak Senin (4/5/2020), anak-anak telah kembali bersekolah untuk pertama kalinya sejak diberlakukan lockdown.

Kemudian Polandia telah mengizinkan toko-toko kecil kembali beroperasi namun tetap menghimbau penggunaan masker ketika di toko dan transportasi umum.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x