Kompas TV internasional kompas dunia

Lockdown di Italia Dilonggarkan, Warga Boleh Saling Bertemu

Sabtu, 23 Mei 2020 | 15:25 WIB

ROMA, KOMPAS.TV - Setelah melonggarkan pembatasan "Lockdown", roda ekonomi Italia perlahan mulai kembali bergulir.

Pemerintah Italia kini memperbolehkan pembukaan kelab malam, bar dan restoran, serta mengizinkan pertemuan warga.

Jumat malam waktu setempat, kehidupan malam roma, mulai berdenyut.

Titik-titik populer di pusat kota roma yang bersejarah pun kembali dipenuhi warga, yang bercengkerama bersama teman, walau tetap di bawah pengawasan ketat polisi, wajib jaga jarak minimal dua meter, serta memakai masker.

Mulai pekan ini, bar diperbolehkan membuka meja di luar ruangan, dengan protokol kesehatan.

Meski demikian Perdana Menteri Italia, Giusseppe Conte, mengingatkan, meski pembatasan "Lockdown" di italia telah dilonggarkan, bukan berarti warga bisa berpesta.

Namun kehidupan warga Italia belum sepenuhnya pulih. Mereka memasuki fase "New Normal" di mana mereka masih harus mengikuti sejumlah protokol kesehatan.

Meski lockdown telah dibuka, bukan berarti virus sudah lenyap. Untuk itulah, pemerintah Italia masih melarang beberapa kegiatan seperti pertemuan sosial, serta wajib menggunakan masker saat berada di ruang publik yang tertutup dan di tansportasi umum.

Selain itu, kegiatan pemakaman telah diperbolehkan namun hanya memperbolehkan maksimal 15 orang orang pelayat, sedangkan untuk kegiatan pernikahan masih harus menunggu.

Tak hanya Italia, sejumlah negara lain di Eropa juga telah membuka lockdown di negaranya. Seperti di Jerman, sejak Senin (4/5/2020), anak-anak telah kembali bersekolah untuk pertama kalinya sejak diberlakukan lockdown.

Kemudian Polandia telah mengizinkan toko-toko kecil kembali beroperasi namun tetap menghimbau penggunaan masker ketika di toko dan transportasi umum.
 

Penulis : Merlion Gusti





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:45
DESTRUCTIVE FISHING WATCH (DFW) INDONESIA: ADA 42 KECELAKAAN DI LAUT DALAM 7 BULAN TERAKHIR, 83 NELAYAN HILANG   PPDB SMA DI BANTEN DIBUKA HARI INI DENGAN KUOTA KURSI 43.000 SISWA   MULAI HARI INI, RSU SERPONG UTARA DIOPERASIKAN SEBAGAI TEMPAT PERAWATAN PASIEN COVID-19   POLISI PERIKSA 10 REKAMAN CCTV DI SEKITAR LOKASI PENEMBAKAN DEKAT KOMPLEKS PATI POLRI KEBAYORAN BARU, JAKSEL   KAMAR ISOLASI DI GRAHA WISATA TMII JAKARTA TIMUR HAMPIR PENUH   SEBANYAK 8 MUSEUM DI JAKARTA TERAPKAN PEMBATASAN KUNJUNGAN 25% HINGGA 28 JUNI 2021   PT ASURANSI KREDIT INDONESIA (ASKRINDO) BERI PENJAMINAN RP 4,8 T KE 8.130 UMKM MELALUI PEN   INSTITUTE FOR CRIMINAL JUSTICE REFORM (ICJR): PASPOR PALSU ADELIN LIS PERBUATAN MELAWAN HUKUM, HARUS DIUSUT   ADELIN LIS MERUPAKAN TERPIDANA PEMBALAKAN LIAR YANG BURON SELAMA 13 TAHUN   MASYARAKAT ANTI-KORUPSI (MAKI) MINTA POLRI TANGANI DUGAAN PEMALSUAN PASPOR ADELIN LIS   KETERLIBATAN 5 LEMBAGA LAIN DI LUAR KPK SOAL PEMBERHENTIAN 51 PEGAWAI KPK YANG TAK LOLOS TWK DIPERTANYAKAN   PENGACARA SENIOR HOTMA SITOMPUL AKAN DIHADIRKAN JPU KPK SEBAGAI SAKSI DALAM SIDANG KORUPSI BANSOS COVID-19   PER 18 JUNI 2021, TOTAL VAKSIN COVID-19 YANG SUDAH TERDISTRIBUSI KE SELURUH INDONESIA SEBANYAK 49,8 JUTA DOSIS   DIRUT BIO FARMA HONESTI BASYIR: 7,8 JUTA VAKSIN COVID-19 SIAP DIGUNAKAN JULI 2021