Kompas TV nasional kompas siang

Ucapan Selamat Idul Fitri 1441 H dari Presiden Jokowi dan Ibu Negara

Sabtu, 23 Mei 2020 | 13:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah menetapkan Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada 24 Mei besok. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, rangkaian ibadah juga perayaan idul fitri kali ini sebaiknya  dilakukan di rumah,demi mencegah penularan corona.

Lewat Sidang Isbat, pemerintah menetapkan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020.

Idul Fitri kali ini umat Islam akan merayakan hari kemenangan dengan keprihatinan, akibat pandemi Corona.

Untuk memutus rantai penularan Corona, menteri agama telah melarang masyarakat menggelar takbir keliling.

Namun, umat islam tetap bisa mengumandangkan takbir dari rumah masing-masing, dan beberapa jemaah secara terbatas, bertakbiran di masjid dan mushala.

Dalam Sidang Isbat, Majelis Ulama Indonesia kembali mengingatkan seluruh umat Islam Indonesia, yang berada di zona merah corona, untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah masing-masing. Sesuai fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020.

Imbauan Majelis Ulama Indonesia, sejalan dengan imbauan pemerintah.

Berdasarkan fatwa MUI tentang tata cara shalat Idul Fitri di rumah, shalat Idul Fitri berjamaah dapat dilaksanakan minimal empat orang. 

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pengukuhan Lima Pjs Bupati Walikota

Selasa, 29 September 2020 | 02:30 WIB
KOMPAS SPORT

Timnas U19 Menang 1-0 dari Dinamo Zagreb

Selasa, 29 September 2020 | 02:29 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:40
KPU MAKASSAR BATASI SUMBANGAN DANA KAMPANYE BAGI PASLON MAKSIMAL RP 95,6 MILIAR   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO PASTIKAN NETRALITAS TNI DALAM PILKADA 2020   LPSK SIAP BERIKAN PERLINDUNGAN KEPADA SAKSI KASUS PENEMBAKAN PENDETA DI PAPUA    POLRES EMPAT LAWANG, SUMSEL, GAGALKAN PENYELUNDUPAN 748 KILOGRAM GANJA KERING ASAL ACEH   KEMDIKBUD MINTA PESERTA DAN TENAGA PENDIDIK LAPOR PADA SEKOLAH JIKA BELUM DAPATKAN KUOTA INTERNET    GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO SEBUT SUDAH TAK ADA ZONA MERAH COVID-19 DI JAWA TENGAH   CEGAH PENULARAN COVID-19 DI KALANGAN LANSIA, PEMKOT SURABAYA BERI ALAT PENGUKUR KADAR OKSIGEN DAN VITAMIN KE LANSIA   WAPRES MA'RUF AMIN: PEMUKA AGAMA BERPERAN PENTING CEGAH PENULARAN COVID-19   KETUA BAWASLU SEBUT PILKADA DI TENGAH PANDEMI KORONA TIDAK MUDAH   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKAB LEBAK BERENCANA TERAPKAN PSBB MULAI 1-20 OKTOBER 2020   PEMPROV BANGKA BELITUNG TERBITKAN KEBIJAKAN LARANGAN ISOLASI MANDIRI PASIEN COVID-19 CEGAH KLASTER KELUARGA   KEPALA SATPOL PP JAKARTA PUSAT SEBUT PELANGGAN MASKER DI JAKPUS MENURUN PADA MINGGU KEDUA PSBB   KETUA KOMITE PENANGANAN COVID-19: TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR RS COVID-19 SECARA NASIONAL CAPAI 46,29 PERSEN    KETUA SATGAS COVID-19: BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN USUL HARGA STANDAR TES USAP RP 797.000