Kompas TV nasional kompas siang

Idul Fitri 1441 Hijriah Jatuh 24 Mei 2020, Lebaran di Rumah Saja Untuk Cegah Corona

Sabtu, 23 Mei 2020 | 13:41 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah menetapkan Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada 24 Mei besok. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, rangkaian ibadah juga perayaan idul fitri kali ini sebaiknya dilakukan di rumah,demi mencegah penularan corona.

Lewat Sidang Isbat, pemerintah menetapkan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020.

Idul fitri kali ini umat islam akan merayakan hari kemenangan dengan keprihatinan, akibat pandemi Corona.

Untuk memutus rantai penularan Corona, menteri agama telah melarang masyarakat menggelar takbir keliling.

Namun, umat islam tetap bisa mengumandangkan takbir dari rumah masing-masing, dan beberapa jemaah secara terbatas, bertakbiran di masjid dan mushala.

Dalam Sidang Isbat, Majelis Ulama Indonesia kembali mengingatkan seluruh umat Islam Indonesia, yang berada di zona merah corona, untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah masing-masing. Sesuai fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020.

Imbauan Majelis Ulama Indonesia, sejalan dengan imbauan pemerintah.

Berdasarkan fatwa MUI tentang tata cara shalat Idul Fitri di rumah, shalat Idul Fitri berjamaah dapat dilaksanakan minimal empat orang. 

Yang terdiri dari satu imam dan tiga makmum, sedangkan jika jumlahnya kurang, maka shalat dapat dilakukan sendiri atau munfarid.

Perbanyak takbir, tahmid, dan tasbih, sebelum shalat Idul Fitri.

Selanjutnya, membaca niat shalat idul fitri dua raka'at.

Pada raka'at satu, takbir sebanyak tujuh kali, di luar Takbiratul Ihram. Dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek Al Quran.

Lalu rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, dan seterusnya.

Pada raka'at kedua, takbir sebanyak lima kali, di luar takbir saat berdiri. 

Dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek Al Quran.

Kembali rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, dan seterusnya, hingga menutup shalat dengan membaca salam.

Selesai shalat Idul Fitri, disunahkan untuk mendengarkan khutbah.
 

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pengukuhan Lima Pjs Bupati Walikota

Selasa, 29 September 2020 | 02:30 WIB
KOMPAS SPORT

Timnas U19 Menang 1-0 dari Dinamo Zagreb

Selasa, 29 September 2020 | 02:29 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:22
ANTISIPASI PENYAKIT RABIES, PEMPROV JATENG BERSAMA DINAS PETERNAKAN & KESEHATAN HEWAN SEDIAKAN 8.000 VAKSIN   KEMENTERIAN PUPR BANGUN 113 RUMAH TAK LAYAK HUNI WARGA BANTARAN SUNGAI LANGSA, ACEH   PEMPROV BANTEN SIAPKAN LAHAN SATU HEKTAR DI SAYAR, SERANG, UNTUK TEMPAT PEMAKAMAN KHUSUS COVID-19   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO DORONG PEMERINTAH BERKOMITMEN TUNTASKAN ENDEMIS RABIES DI 26 PROVINSI   KETUA SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT BERPERAN JADI PAHLAWAN KEMANUSIAAN   GUBERNUR RIAU MINTA PT HUTAMA KARYA PRIORITASKAN TEMPAT PERISTIRAHATAN DI TOL PEKANBARU-DUMAI DIKELOLA UMKM LOKAL   BAWASLU FOKUS AWASI KEGIATAN KAMPANYE DI MEDIA SOSIAL   KETUA BALEG DPR: PEMBAHASAN RUU CIPTA KERJA AKAN DILANJUTKAN DI TINGKAT TIM PERUMUS DAN SINKRONISASI   KETUA BALEG DPR: PEMBAHASAN "OMNIBUS LAW" RUU CIPTA KERJA DI TINGKAT PANITIA KERJA RAMPUNG   6 PEDAGANG POSITIF COVID-19, PASAR CIPLAK, JAKARTA SELATAN, DITUTUP SEMENTARA SELAMA 3 HARI   PEMKOT DAN DPRD KOTA BEKASI SUSUN PERDA SOAL COVID-19 UNTUK PERKUAT PENERAPAN SANKSI   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO: SEKITAR 45 JUTA WARGA INDONESIA YAKIN TAK AKAN TERTULAR COVID-19   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO SEBUT TEMPAT TIDUR ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA TERSISA 3.750   SATGAS COVID-19 KEMBANGKAN MASKER KHUSUS UNTUK DAERAH ZONA MERAH