Kompas TV regional berita daerah

Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Kota Padang Rayakan Lebaran di Hari Sabtu 23 Mei

Kompas.tv - 23 Mei 2020, 13:25 WIB
Penulis : Merlion Gusti

PADANG, KOMPAS.TV - Jemaah Tarekat Naqsabandiyah, di Kota Padang, Sumatera Barat, juga hari ini melaksanakan shalat Idul Fitri 1441 Hijriah. 

Jamaah menyebut penetapan jatuhnya satu syawal pada hari ini berdasarkan rukiat hilal dan hitungan hisab munjid.

Jemaah Naqsabandiyah di surau baru, bersama keluarganya sejak pagi sudah memenuhi lokasi Shalat Ied.

Tarekat naqsabandiyah menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah hari ini berdasarkan rukiyat hilal dan hisab munjib, yakni penanggalan secara turun temurun yang dilakukan berdasarkan penghitungan jatuhnya 1 Syawal pada tahun sebelumnya. 

Namun sayangnya, tidak ada penerapan protokol kesehatan di masa pandemi ini, olehpara jemaah.

Selain di mushola surau baru, shalat Ied Idul Fitri juga serentak dilaksanakan di masjid dan mushola tarekat naqsabandiyah lainnya di Kecamatan Kuranji, Pauh, kota Tangah, dan kota Serta Kabupaten Solok.

Selain itu, jemaah di Desa Tinumpuk Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, hari ini melaksanakan Sholat Ied Idul Fitri 1441 H, satu hari lebih awal dari ketetapan Idul Fitri pemerintah, yang jatuh hari Minggu esok.

Menurut pengurus dkm, ditengah pandemi Covid-19 ini, mereka melaksanakan Sholat Ied Idul Fitri, dengan mengikuti prosedur kesehatan Covid-19, dan aturan PSBB yang berlaku. 

Meskipun, masih ada jemaah yang tidak menggunakan masker.

Selain itu, Sejumlah umat muslim di Jember dan Bondowoso, Jawa Timur, berlebaran sehari lebih awal dari ketetapan pemerintah. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.