HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Pesantren Ini Rayakan Lebaran Lebih Awal

Sabtu, 23 Mei 2020 | 16:00 WIB

JEMBER, KOMPAS.TV- Ribuan umat muslim di Jember dan Bondowoso merayakan lebaran sehari lebih awal dari ketetapan Pemerintah. Namun imbauan untuk menggunakan masker dan menjaga jarak tidak dilakukan warga.

Imbauan Pemerintah agar masyarakat melakukan salat ied di rumah masing-masing nampaknya tidak digubris. Warga tetap menjalankan ibadah salat Ied berjamaah di masjid. 

Baca Juga: Imbauan Menteri Agama Untuk Sholat Idul Fitri

Sebagian besar jemaah bahkan tidak menggunakan masker dan jaraknya berdekatan. Beberapa warga pun terlihat bersalaman usai menjalankan ibadah salat.

Baca Juga: Ini Keputusan Pemerintah Soal Salat Idul Fitri Berjamaah

Menurut pengasuh pondok pesantre Mahfilud Duror, penetapan 1  Syawal mengacu pada perhitungan kitab Nazahatul Majalis . Berdasarkan kitab itu, 1 Syawal ditetapkan jatuh pada hari Sabtu 23 Mei 2020 atau sehari lebih awal dari ketetapan Pemerintah.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban, sejumlah aparat Kepolisian bersenjata lengkap bersiaga di sekitar masjid dan persimpangan jalan.

 

Editor : aryo bimo



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
14:26
MENTERI OLAHRAGA ITALIA: COPPA ITALIA AKAN KEMBALI BERGULIR PADA 13 JUNI 2020   MANTAN PM MALAYSIA MAHATHIR MOHAMAD DAN MANTAN MENPORA MALAYSIA SYED SADDIQ DIPECAT DARI PARTAI BERSATU   POLISI AKAN DISIAGAKAN DI TITIK-TITIK KERAMAIAN SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL" DI DKI JAKARTA   BADAN PENGELOLA TRANSPORTASI JABODETABEK (BPTJ) SIAPKAN ATURAN BARU BERKENDARA SAAT PENERAPAN "NEW NORMAL"   KONFEDERASI SERIKAT PEKERJA INDONESIA TEGASKAN KELOMPOK BURUH BUTUH SOLUSI DARI ANCAMAN PHK KETIMBANG "NEW NORMAL"   GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19: APD BUATAN INDONESIA PENUHI STANDAR WHO    PELAKSANAAN PILKADA 2020 DIUNDUR DESEMBER AKIBAT PANDEMI KORONA   KPU AJUKAN TAMBAHAN ANGGARAN PILKADA 2020 SEBESAR RP 535,981 MILIAR   KETUA KPU ARIEF BUDIMAN BERHARAP ANGGARAN TAMBAHAN PILKADA CAIR DI AWAL JUNI 2020   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PEMBEBASAN LAHAN JADI HAMBATAN TERBESAR PENGERJAAN PROYEK STRATEGIS NASIONAL   PRESIDEN JOKOWI MINTA PROYEK STRATEGIS NASIONAL YANG PULIHKAN EKONOMI DIPRIORITASKAN   PIMPIN RATAS, PRESIDEN JOKOWI: HARI INI KITA AKAN EVALUASI PROYEK STRATEGIS NASIONAL UNTUK PEMULIHAN EKONOMI   PRESIDEN JOKOWI DAN WAPRES MA'RUF AMIN DIJADWALKAN HADIRI UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA   BADAN PEMBINAAN IDEOLOGI PANCASILA (BPIP) AKAN GELAR UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA PADA 1 JUNI 2020