Kompas TV feature solusi sehat

Pilih olahraga ini untuk jaga kesehatan selama di rumah

Kompas.tv - 21 Mei 2020, 16:35 WIB
pilih-olahraga-ini-untuk-jaga-kesehatan-selama-di-rumah
Yoga menjadi salah satu pilihan olahraga di rumah (Sumber: Istimewa)
Penulis : Alexander Wibisono

Jakarta, KOMPAS.TV - Berdiam diri di rumah saja seringkali menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Padahal dengan olahraga bisa membantu menjaga kondisi tubuh tetap sehat sehingga terhindar dari infeksi virus corona. Bahkan, jika rutin dilakukan olahraga juga bisa menurunkan berat badan loh! 

Berolahraga di rumah bisa dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Tak perlu waktu lama untuk olahraga di rumah. Cukup meluangkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit olahraga di rumah bisa dapat dilakukan.

Supaya tetap semangat, olahraga di rumah bisa menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Jangan lupa untuk memilih musik yang disukai agar tetap bisa semangat olahraga walau di rumah saja. 

Lalu, olahraga apa yang bisa dilakukan di rumah saja ? 

Yoga 
Sekarang, yoga bisa dilakukan di rumah saja. Jika belum pernah mencoba yoga sama sekali, bisa memilih gerakan-gerakan yoga yang dikhususkan untuk pemula.

Yoga tak perlu peralatan khusus karena walaupun tanpa matras khusus pun yoga masih dapat dilakukan. PIlih rekomendasi yoga di channel youtube terpercaya. 

Senam Aerobik 
Suka olahraga dengan musik, senam aerobik bisa menjadi pilihan. Memilih olahraga aerobik ini bisa menjadi alternatif olahraga di rumah saja.

Dijamin, tubuh akan berkeringat dan badan pun jadi happy berolahraga diiringi musik yang disukai. 

Naik turun tangga
Kalau di rumah ada tangga, naik turun tangga bisa dilakukan walau di rumah saja. Dengan naik turun tangga selama 15 menit secara rutin, membantu mengurangi lemak tubuh dan badan pun menjadi lebih sehat. 

Lompat Tali
Punya tali untuk lompat tali? Jangan ragu untuk lakukan lompat tali agar tubuh bisa aktif bergerak. Lompat tali ini tak perlu dilakukan di ruangan yang luas. Namun lakukan di tempat yang jauh dari barang-barang pecah belah. 

Treadmill 
Jika biasanya jalan santai di GOR atau keliling perumahan, sekarang kegiatan ini bisa dilakukan di rumah saja jika memiliki treadmill.

Treadmill dijual dengan harga bervariasi dan ukuran yang berbeda-beda pula. Treadmill semakin menyenangkan jika dibarengin musik yang disukai. 

Jadi, tak ada alasan untuk tidak berolahraga walau di rumah saja kan ? (Rach Alida Bahaweres)  
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.