Kompas TV religi beranda islami

Kalam Hati : Sabar Saat Musibah

Kompas.tv - 31 Mei 2020, 15:02 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Pademi COVID-19 yang tiba-tiba menyebar di dunia, tak sedikit orang menjadi korban dari wabah ini, korban langsung ataupun tak langsung. Untuk mencegah penyebaran virus ini pemerintah mengeluarkan berbagai macam kebijakan, seperti jaga jarak, bekerja dari rumah, tidak berkumpul lebih dari 8 orang.

Sedikit banyak hal ini (pandemi covid 19) berdampak pada kehidupan sosial ekonomi. 

Sebagai orang yang beriman, saat menerima musibah dan cobaan kita dituntut untuk bersabar. Karena sabar adalah ajaran yang sangat penting dalam Islam. Saking pentingnya kedudukan sabar itulah, maka sabar dijadikan oleh Allah SWT sebagai satu sebab dari berbagai sebab untuk memperoleh pertolongan dari-Nya.

   

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 153)

Dan Nabi Muhammad SAW bersabda 

  

“Sabar adalah separuh dari iman.” (HR. Abû Na‘îm dan al-Khathîb)  

Batu permata adalah sebuah batu biasa, setelah diproses maka batu itu menjadi sebuah perhiasan yang sangat mahal. Begitupun dengan manusia. Manusia yang sabar, kelak menjadi mulia disisi Allah.

“Sesungguhnya Allah bersama dengan orang-orang yang sabar". (QS Al-Baqarah ayat 153).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.