Kompas TV nasional berita kompas tv

Menag Imbau Tak Ada Takbir Keliling dan Salat Idul Fitri di Rumah

Kamis, 21 Mei 2020 | 13:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama Fachrul Razi kembali mengingatkan agar masyarakat menjalankan Hari Raya Idul Fitri di rumah. 

Beberapa imbauan terkait perayaan Idulfitri pun disampaikan Menag Fachrul Razi dalam kesempatan tersebut.

Pertama, Menag mengimbau masyarakat untuk melakukan takbiran di rumah. Ia tidak menyarankan masyarakat melakukan takbir keliling seperti yang biasa dilakukan dalam situasi normal.

"Tapi saya berharap juga masjid-masjid dan musala bisa menggaungkan takbir ini melalui loud speakernya sehingga betul-betul kegembiraan menyambut hari raya Idulfitri ini tidak hilang," ungkapnya dalam jumpa pers online di BNPB, Kamis (21/05/2020).

Selanjutnya, Menag mengimbau keras supaya salat Idulfitri dilakukan di rumah saja bersama keluarga inti.

"Salat ini sebagaimana kita tahu adalah sunah. Jadi artinya kalau ditinggalkan pun tidak apa-apa. Tapi sunahnya sunah muakkad, artinya sunah yang sangat dianjurkan," katanya.

Menteri Agama, Fachrul Razi, juga mengimbau agar lebaran tahun ini membatasi interaksi dengan orang lain dengan tetap berada di rumah dan tak menerima tamu.

"Saya juga sarankan supaya berlebaran di rumah saja dengan keluarga inti, tak usah ke mana-mana, tak usah menerima tamu," kata Menag.

Penulis : Reny Mardika


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Rumah Kontrakan Ludes Terbakar

Senin, 18 Januari 2021 | 14:00 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:11
KEPALA BNPB DUKUNG PENYEDIAAN ALAT TES CEPAT ANTIGEN DI LOKASI PENGUNGSIAN GEMPA SULBAR   SATGAS: KEPATUHAN PROTOKOL KESEHATAN PUNYA DAMPAK SANGAT BESAR TERHADAP PENURUNAN KASUS COVID-19   POLRESTA BANDARA SOEKARNO-HATTA BANTEN TANGKAP 15 ORANG TERSANGKA PEMALSU SURAT HASIL TES COVID-19   BUPATI MANGGARAI TIMUR AGAS ANDREAS POSITIF COVID-19   24 TENAGA KESEHATAN TAK DATANG SAAT VAKSINASI, DINKES PONTIANAK TELUSURI IDENTITAS DAN ALASANNYA   MENRISTEK: ADA ENAM PLATFORM PENGEMBANG VAKSIN MERAH PUTIH, PALING CEPAT LEMBAGA EIJKMAN   DINKES KOTA BEKASI: RUANG ICU UNTUK PASIEN COVID-19 PENUH, SISA TEMPAT TIDUR ISOLASI MENIPIS   JUMLAH PASIEN COVID-19 MELONJAK, RSD WISMA ATLET BERENCANA TAMBAH 400 PERAWAT   KOORDINATOR RSD WISMA ATLET MAYJEN TUGAS RATMONO: TINGKAT KETERISIAN HUNIAN WISMA ATLET CAPAI 82,73 PERSEN   KEMENDAGRI MINTA TNI/POLRI DUKUNG SATPOL PP TINGKATKAN KEDISIPLINAN MASYARAKAT TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KASUS COVID-19 MENINGKAT, PEMKAB MANGGARAI TIMUR TERAPKAN BELAJAR DARI RUMAH   BASARNAS YAKIN PELUANG TEMUKAN CVR PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 MAKIN BESAR   TIM DVI PAKAI DATA CCTV DI BANDARA UNTUK MEMPERMUDAH PROSES IDENTIFIKASI KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182   LONGSOR SUMEDANG, TIM SAR TEMUKAN JASAD 2 ANAK, TOTAL KORBAN MENINGGAL MENJADI 36 ORANG