Kompas TV nasional berita kompas tv

Menag Imbau Tak Ada Takbir Keliling dan Salat Idul Fitri di Rumah

Kompas.tv - 21 Mei 2020, 13:48 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama Fachrul Razi kembali mengingatkan agar masyarakat menjalankan Hari Raya Idul Fitri di rumah. 

Beberapa imbauan terkait perayaan Idulfitri pun disampaikan Menag Fachrul Razi dalam kesempatan tersebut.

Pertama, Menag mengimbau masyarakat untuk melakukan takbiran di rumah. Ia tidak menyarankan masyarakat melakukan takbir keliling seperti yang biasa dilakukan dalam situasi normal.

"Tapi saya berharap juga masjid-masjid dan musala bisa menggaungkan takbir ini melalui loud speakernya sehingga betul-betul kegembiraan menyambut hari raya Idulfitri ini tidak hilang," ungkapnya dalam jumpa pers online di BNPB, Kamis (21/05/2020).

Selanjutnya, Menag mengimbau keras supaya salat Idulfitri dilakukan di rumah saja bersama keluarga inti.

"Salat ini sebagaimana kita tahu adalah sunah. Jadi artinya kalau ditinggalkan pun tidak apa-apa. Tapi sunahnya sunah muakkad, artinya sunah yang sangat dianjurkan," katanya.

Menteri Agama, Fachrul Razi, juga mengimbau agar lebaran tahun ini membatasi interaksi dengan orang lain dengan tetap berada di rumah dan tak menerima tamu.

"Saya juga sarankan supaya berlebaran di rumah saja dengan keluarga inti, tak usah ke mana-mana, tak usah menerima tamu," kata Menag.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x