Kompas TV regional berita daerah

Peci Unik Dari Limbah Karung Goni

Kompas.tv - 21 Mei 2020, 12:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Berbekal kreativitas dan ketekunannya, Marwoto, warga Desa Peganjaran, Kecamatan Bae, Kudus, Jawa Tengah, sukses menyulap limbah karung goni menjadi songkok atau peci.

Dengan menggunakan bahan ramah lingkungan dan warna alami khas karung goni, peci ini terlihat cukup unik dan klasik. Produk peci buatan Marwoto ini sudah siap dijual dan momen ramadan menjelang lebaran seperti saat ini, peci karung goni ramai diburu pembeli.

Untuk mempercantik tampilan, marwoto juga menambahkan hiasan berupa logo ormas keagamaan seperti NU, GP Ansor maupun logo lainnya. Penambahan logo-logo tersebut sesuai dengan permintaan konsumen.

Salah satu pembeli mengaku, awalnya mencari peci untuk dipakai lebaran. Begitu melihat peci buatan Marwoto, iapun tertarik dan kemudian membelinya. Selain nyaman dipakai, peci karung goni bisa digunakan untuk ibadah, juga praktis bisa dibawa kemana-mana.

Ide memilih bahan limbah karung goni karena selain ramah lingkungan, karung goni memiliki kesan yang vintage atau klasik. Selain itu juga memiliki warna dan serat kain yang khas. Proses pembuatan peci juga tidak terlalu sulit. Dengan dibantu sejumlah penjahit, Marwoto bisa memodifikasi goni yang biasa digunakan untuk karung menjadi sebuah peci.

Dengan dibantu lima orang pekerja,  dalam sehari ia bisa memproduksi 50 hingga 100 buah peci. Selain dari lokal Kudus, pembeli peci ini juga sudah mulai dipesan dibeberapa kota seperti Semarang, Jogjakarta, Tanggerang, bahkan juga  dipesan oleh pengurus cabang istimewa NU di Korea Selatan. Sementara untuk harganya dipatok di kisaran 30 ribu untuk yang polos dan 35 ribu rupiah untuk yang ada motif logo bordir. selain peci, limbah karung goni juga bisa dibuat menjadi topi dan tas, serta produk lainnya.

#KarungGoni #Peci #Kudus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.