Kompas TV nasional berita kompas tv

Lonjakan Arus Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak Diprediksi Terjadi Mulai Kamis Ini Hingga Lebaran

Kompas.tv - 21 Mei 2020, 11:27 WIB
lonjakan-arus-lalu-lintas-tol-tangerang-merak-diprediksi-terjadi-mulai-kamis-ini-hingga-lebaran
Tol Tangerang - Merak (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Deni Muliya

TANGERANG, KOMPAS.TV - Arus lalu lintas di Tol Tangerang-Merak menjelang Idul Fitri 1441 Hijriyah diprediksikan akan melonjak.

Lonjakan prediksi itu terjadi dimulai hari ini, Kamis (21/5/2020).

Baca Juga: Harus Disiplin! Jelang Lebaran Hingga Akhir Mei Nanti Merupakan Saat-Saat Kritis

Prediksi lonjakan tersebut diungkapkan oleh Direktur Teknik dan Operasional PT Marga Mandalasakti, Rinaldi. PT Marga Mandalasakti merupakan pengelola Tol Tangerang-Merak. 

“Kami memprediksi akan adanya peningkatan jumlah trafik lalu lintas jelang Lebaran kali ini, yaitu pada 21 Mei 2020," ujar Rinaldi dalam keterangan tertulis, Rabu kemarin, seperti dilansir Kompas.com

Menurut Rinaldi, meskipun mengalami peningkatan, tetapi jumlah kendaraan yang melintas tidak akan melebih rata-rata lalu lintas normal sebelum pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berlaku. 

Ia menjelaskan bahwa akan banyak transportasi logistik yang mendominasi seiring dengan belum adanya aturan pembatasan kendaraan logistik. 

Pengelola tol Tangerang-Merak akan mendukung program larangan mudik dengan mengoptimalisasi posko larangan mudik yang sudah disediakan. 

"Pemberlakukan posko larangan mudik bersama Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya di Kilometer 20 Gerbang Tol Cikupa akan tetap beroperasi," tutur Rinaldi. 

Di samping itu, ada 5 posko PSBB di exit Tol Serang Timur dan Barat, juga di Cilegon Timur dan Barat serta Merak. 

Protokol Covid-19 juga diterapkan di rest area yang ada di Kiloemeter 43, 68, arah Merak dan kilometer 68, 45 arah Tangerang. 

Baca Juga: Warga Nekat Belanja Kebutuhan Lebaran saat Pandemi Covid-19

Selebihnya, akan ada armada lalu lintas dan petugas medis serta layanan call center yang siaga 24 jam. 

Sedangkan layanan rest area tetap beroperasi normal untuk melayani pengguna jalan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. 

"Kami mengimbau agar pengguna jalan untuk hanya melakukan aktivitas pengisian bahan bakar, ibadah dan atau menggunakan toilet, termasuk membeli keperluan dengan metode bawa pulang, serta memperhatikan durasi waktu istirahat,” ujar Rinaldi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x