Kompas TV nasional berita kompas tv

Pendukung Rusak Pagar Lapas Gunung Sindur, Bahar bin Smith Dipindah ke Nusakambangan

Kompas.tv - 20 Mei 2020, 15:39 WIB
pendukung-rusak-pagar-lapas-gunung-sindur-bahar-bin-smith-dipindah-ke-nusakambangan
Bahar bin Smith sesaat sebelum ditangkap petugas gabungan Ditjenpas Kemenkumham, Polres Bogor, dan Polda Jabar, Selasa dini hari (19/5/2020) (Sumber: Istimewa)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan, Rika Aprianti mengungkapkan alasan kenapa Bahar bin Smith harus dipindahkan ke Lapas I Batu di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Baca Juga: Bahar bin Smith Dijebloskan ke Lapas Batu Nusakambangan Jawa Tengah

Menurut Rika, pemindahan Bahar bin Smith ke Lapas I Batu di Nusakambangan itu murni untuk kepentingan pengamanan dan pembinaannya sebagai konsekuensi dari pelanggaran terhadap asimilasi yang telah diberikan.

Namun lebih dari itu, lanjut Rika, sejak Bahar kembali ditahan di Lapas Gunung Sindur (Bogor) pada Selasa kemarin, simpatisan dan pendukung Bahar berkerumun di Lapas Gunung Sindur. 

Mereka memaksa untuk bertemu dengan Bahar Smith.

Simpatisan yang memaksa ingin mengunjungi Habib Bahar, berkerumun dan berteriak-teriak.

"Mereka melakukan tindakan provokatif yang menyebabkan perusakan fasilitas negara berupa pagar lembaga pemasyarakatan," tutur Rika, dalam keterangan tertulisnya, yang diterima Kompas.tv, Rabu (20/5/2020). 

Untuk itulah, pihak Ditjen Pemasyarakatan khawatir kerumunan massa tersebut dapat menciptakan kondisi yang tidak kondusif serta mengganggu keamanan dan ketertiban. 

Baca Juga: Bahar bin Smith Dipindahkan dari Lapas Gunung Sindur ke Nusakambangan

Selain itu, kerumunan massa simpatisan dengan jumlah besar itu juga melanggar protokol penanganan Covid-19 dan dikhawatirkan dapat menyebabkan penyebaran Covid-19. 

"Merujuk pada kondisi tersebut, Kalapas Khusus Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat, yang selanjutnya disetujui oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, untuk Habib Bahar Bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Klas I Batu Nusakambangan," ujar kata Rika. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Bahar bin Smith kembali masuk penjara lagi di Lapas Gunung Sindur pada Selasa dini hari kemarin setelah sempat dikeluarkan dari Lapas Cibinong lewat program asimilasi pada Sabtu (16/5/2020) lalu.

Namun kini Bahar bin Smith dijebloskan ke Lapas Batu di Nusakambangan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x