Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa Tanpa KTP Makassar Dapat Bantuan Sembako

Kompas.tv - 20 Mei 2020, 13:11 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Puluhan mahasiswa yang masih bertahan di kota makassar akibat pandemi korona mulai mendapatkan bantuan. Bantuan sembako di prirotaskan kepada mereka karena selama ini tidak menerima bantuan karena tak terdata.

Mahasiswa yang menerima bantuan ini merupakan mahasiswa yang tidak memiliki ktp makassar.  Akibatnya mereka tidak terdata dan tidan mendapatkan bantuan dari pememrintah kota.

Mereka yang mendapatkan bantuan adalah yang terdampak pandemi covid-19. Apalagi mereka tak bisa kembali ke kapung halamana karena berbagai faktor termasuk kebijakan larangan mudik.

Salah satu lokasi indekos dengan jumlah mahasiswa cukup padat di antaranya di sekitar Jalan Bung, Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kecamatan Tamalanrea. Selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), para mahasiswa akan bertahan di pondokan masing-masing.

“Tidak pernah ada yang datang mendata pemberian bantuan. Apalagi mau bagikan sembako. Tidak pulang kampung karena dilarang ki pulang kampung. Jadi bertahan saja,” kata Wahyu, mahasiswa semester dua di STIE LPI Makassar itu.

Ia mengaku jarang sekali keluar dari pondokan. Terkecuali untuk belanja telur dan mi instan. “Besok ini, saya tidak tahu mau bagaimana. Semoga masih buka ji penjual,” harapnya.

Sementara itu, Ketua RT 004, Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kecamatan Tamalanrea, Rais mengaku, masih cukup banyak mahasiswa yang tinggal di pondokannya masing-masing. Hanya saja, tidak terdata untuk mendapatkan sembako.

“Kita hanya disuruh kumpulkan KK. Sementara mahasiswa ini tidak ada KK-nya. Kita prihatin juga sebenarnya, karena memang masih banyak yang tinggal di kos-kosannya,” kata Rais, kemarin.

Sejauh ini lanjutnya, pihak kelurahan dan kecamatan belum ada perintah untuk menyalurkan bantuan kepada mahasiswa yang masih bertahan. Makanya, hanya bisa berharap sekarang, ada pihak donatur yang dermawan memperhatikan nasibnya.

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menyebut belum bisa memberi bantuan utuh untuk warga yang tak ber-KTP Makassar. Namun, pemkot menyiapkan dapur umum di beberapa titik untuk warga yang terdampak PSBB dan pandemi Covid-19.

Kata Iqbal, prioritas utama saat ini adalah warga Makassar. “Tetapi kita siapkan nanti dapur umum. Salah satunya di bawah flyover,” ucap dia

#COVID19
#MAHASISWATERDAMPAKCOVID
#PEMKOTMAKASSAR

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x