Kompas TV regional berita daerah

Kreatif! Kain Tapis Lampung untuk Mempercantik Masker Kain

Kompas.tv - 20 Mei 2020, 10:10 WIB
Penulis : Dea Davina

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Ditengah kondisi pandemi covid 19 saat ini, sebagian orang dituntut untuk lebih kreatif dan produktif.

Seperti yang dilakukan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Lampung yang memadukan masker produksinya dengan kain Tapis.

Di dalam gedung inilah sejumlah perempuan yang tergabung dalam Dewan Kesenian Nasional daerah Lampung, menuangkan ide kreativitasnya di tengah pandemi covid 19 saat ini.

Melihat kondisi penggunaan masker yang kini diwajibkan, kumpulan perempan dari Dekranasda ini pun memberdayakan sejumlah pengrajin untuk mengkreasikan masker produksinya dengan perpaduan berbagai motif kain Tapis khas Lampung.

Motif kain tapis yang biasa digunakan ini seperti pusuk rebung dan cucuk handak.

Cara membuatnya pun sama seperti pembuatan masker kain pada umumnya, hanya saja yang mebedakan ialah perpaduan kain Tapis Lampung yang dikreasikan untuk mempercantik tampilanya.

Kreasi ini pun disambut baik pemerintah daerah Lampung, selain turut mengangkat nilai budaya, masker bermotif Tapis Lampung ini juga terlihat lebih cantik dan berbeda dengan masker pada umumnya.

Kreasi masker motif kain tapis lampung ini memiliki nilai ekonomi sendiri, dimana Dekranasda Lampung juga kerap dibanjiri pesanan dari sejumlah intansi atau perorangan.

Cantik, unik, dan berbeda, masker bermotifkan kain Tapis khas Lampung ini diharapkan mampu menjadi trend tersendiri yang bisa dipadukan dengan setiap busana yang dipakai.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x