Kompas TV nasional berita kompas tv

Hadapi 'New Normal Life' , Apeksi Imbau Pemda Persiapkan Diri

Kompas.tv - 20 Mei 2020, 02:38 WIB
hadapi-new-normal-life-apeksi-imbau-pemda-persiapkan-diri
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Sumber: BNPB)
Penulis : Herwanto

TANGERANG SELATAN, KOMPAS TV -

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo melontarkan pandangan tentang tatanan kehidupan yang baru atau new normal life. Pandangan ini didasarkan pada pernyataan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa kita harus hidup berdampingan dengan Covid-19. Selanjutnya, pandangan ini dilandasi potensi bahwa virus ini tidak akan segera menghilang dan tetap ada di tengah masyarakat.

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang sekaligus Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, menyampaikan pandangan serupa, bahwa pemerintah daerah di seluruh Indonesia harus mempersiapkan diri untuk menghadapi new normal life, akibat dari dampak pandemi covid-19 yang besar.

“Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan kita semua. Pandemi ini merubah cara kita beraktifitas sehari-hari, cara kita berinteraksi, cara kita beribadah, cara kita bekerja dan lain-lain. Perubahan dalam berbagai aspek ini, tidak akan hilang begitu saja, bahkan ketika pandemi ini berakhir. Terlebih kita masih belum memastikan kapan wabah Covid-19 benar-benar akan berakhir, karena di beberapa negara ditemukan fenomena wabah gelombang kedua atau second wave dan adanya mutasi virus covid-19 dengan strain yang baru,” jelas Airin, Senin (18/5).

“Melihat hal ini, pemerintah daerah harus siap menghadapi adanya new normal life ini. Pemda harus mampu menyesuaikan diri, atau dengan kata lain pemda harus adaptif. Sebagai contoh, kita harus mampu memanfaatkan teknologi dengan lebih maksimal agar cara bekerja kita menjadi lebih efisien, efektif dan kita mampu melayani masyarakat dengan lebih baik. Pemda juga harus menjadi lebih inovatif dalam rangka mencari sumber pembiayaan program pembangunan tanpa harus memberatkan masyarakat, karena kita melihat pandemi ini memiliki dampak juga terhadap keuangan daerah,” lanjut Airin.

Airin juga mengungkapkan bahwa di dalam kondisi apapun, kita semua harus mampu melihat sisi positif dari fenomena yang terjadi dan dapat mengambil hikmah di baliknya.
“Satu sikap yang harus kita tanamkan adalah bahwa kita harus selalu mampu melihat sisi positif dan mengambil hikmah dari apapun yang terjadi. Kita harus mampu mengambil pelajaran, untuk kemudian menjadi bahan bagi kita dalam rangka melakukan perbaikan ke depan. Kita harus tetap optimis dan tidak boleh menyerah,” pungkasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.