Kompas TV religi beranda islami

Rezeki Bukan Hanya Soal Materi - Kalam Hati

Kompas.tv - 19 Mei 2020, 22:45 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Rezeki adalah:

“Segala sesuatu yang bermanfaat yang Allah halalkan untukmu, entah berupa pakaian, makanan, sampai pada istri. Itu semua termasuk rezeki. Begitu pula anak laki-laki atau anak peremupuan termasuk rezeki. Termasuk pula dalam hal ini adalah kesehatan, pendengaran dan penglihatan.”

Melalui pengertian tadi, rezeki ternyata tidak hanya identik dengan harta dan uang. Maka, janganlah kita sempitkan rezeki pada maksud tersebut saja. Di dalam Al Quran Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,

Wa in ta'uddu ni'matallahi la tuhsuha, innallaha lagafurur rahim

"Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (An-Nahl Ayat 18).

Jika kalian -wahai manusia- berusaha untuk menghitung nikmat-nikmat Allah yang berjumlah banyak yang Dia limpahkan kepada kalian niscaya tidak akan sanggup melakukannya karena saking banyaknya dan aneka ragamnya.

Sesungguhnya Allah Maha Pengampun, Dia tidak menghukum kalian atas kelalaian kalian dalam bersyukur, lagi Maha Penyayang karena Dia tidak memutuskan nikmat-nikmat itu karena sebab kemaksiatan kalian dan keterbatasan kalian dalam mensyukurinya.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x