Kompas TV nasional berita kompas tv

Jokowi Sampaikan Ucapan Terima Kasih ke MUI dan Semua Ormas Islam

Kompas.tv - 19 Mei 2020, 14:38 WIB
jokowi-sampaikan-ucapan-terima-kasih-ke-mui-dan-semua-ormas-islam
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah berdoa sesaat setelah serahkan zakat ke Baznas melalui telekonferensi dari Istana Merdeka Jakarta, Selasa (12/5/2020).. Doa dipimpin Ketua Baznas, Bambang Sudibyo secara berjauhan. (Sumber: YouTube: Sekretariat Presiden)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan semua ormas Islam yang telah memberikan dukungan dan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Jokowi Minta Protokol Kesehatan Tetap Dijalankan Secara Ketat Jelang dan Saat Idul Fitri

Menurut Presiden Jokowi, Pemerintah merasa sangat terbantu dan mengapresiasi adanya fatwa serta imbauan yang disampaikan kepada seluruh umat Islam di Indonesia terkait dengan peribadatan maupun amaliah umat selama wabah Covid-19. 

Termasuk di antaranya ialah dukungan terhadap keputusan pemerintah untuk melarang mudik di tengah pandemi ini.

"Pemerintah juga sangat terbantu dengan berbagai aksi solidaritas dan kepedulian sosial yang muncul dari ormas-ormas Islam dan inisiatif yang muncul dari masing-masing umat termasuk pemanfaatan zakat, infak, dan shodaqoh untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak dari Covid," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas (ratas) mengenai persiapan Idul Fitri 1441 H melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, (19/5/2020).

Jokowi berharap, agar aksi solidaritas dan kesadaran serupa tersebut dapat terus berlanjut dan meluas. 

"Sehingga bisa menjadi sebuah gerakan besar dalam rangka meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan," kata Jokowi

Dalam ratas tersebut, sebelumnya Jokowi ingin memastikan bahwa protokol kesehatan tersebut benar-benar dijalankan.

"Kunci keberhasilan dari pengendalian penyebaran Covid ini adalah kedisiplinan kita. Kedisiplinan untuk mencuci tangan, menjaga jarak yang aman, mengenakan masker, dan menghindari keramaian atau konsentrasi massa. Saya minta protokol kesehatan betul-betul dipastikan di lapangan terutama menjelang Idul Fitri dan pada saat nanti Idul Fitri," tutur Jokowi.

Baca Juga: Panduan Lengkap Takbir Lebaran dan Salat Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19 Menurut Fatwa MUI

Belakangan, ditemukan bahwa pusat-pusat keramaian seperti pasar tradisional sudah mulai kembali dipenuhi oleh masyarakat yang berbelanja dalam rangka persiapan hari raya Idul Fitri. 

Terkait hal itu, Jokowi meminta jajaran dan pihak terkait untuk benar-benar memperhatikan hal tersebut dan memastikan penerapan protokol kesehatan yang tetap harus dipatuhi.

"Saya ingin ini dipastikan ada pengaturan jarak yang baik, memakai masker, dan petugas di lapangan betul-betul bekerja untuk mengingatkan mengenai protokol kesehatan secara terus-menerus," ucapnya.

Termasuk dalam peribadatan masing-masing umat agar disiplin dalam penerapan protokol kesehatan secara ketat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x