Kompas TV video cerita indonesia

182 WNI di Pakistan Pulang ke Tanah Air, Difasilitasi KBRI Islamabad

Kompas.tv - 19 Mei 2020, 13:00 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

PAKISTAN, KOMPAS.TV - KBRI Islamabad memfasilitasi pemulangan mandiri 182 WNI di Pakistan. Pemulangan para WNI ini memanfaatkan penerbangan khusus Pakistan Internasional Airways.

Para WNI yang dipulangkan mayoritas merupakan WNI yang sudah lebih dari 3 bulan tertunda kepulangannya. Para WNI juga mengaku rindu tanah air dan ingin bertemu keluarga serta ingin merasakan suasana puasa dan lebaran di kampung halaman.

“Kami sudah rindu tanah air dan bertemu keluarga, lebih-lebih ingin merasakan suasana puasa dan lebaran di kampung halaman,” ujar Sugeng salah seorang WNI saat dilakukan pelepasan oleh Dubes RI Islamabad, Iwan Suyudhie Amri di bandar udara Islamabad,18 Mei 2020.

Untuk memberikan perlindungan kepada WNI, KBRI Islamabad membentuk Satgas terkait Covid-19 yang dikomandani Athan RI, Kolonel Kav. Dody Muhtar Taufik, termasuk dalam proses repatriasi ini. Satgas KBRI menyediakan kendaraan dari titik berangkat WNI menuju bandar udara Islamabad.

Kepada calon penumpang juga diberikan informasi untuk mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh PIA selama penerbangan dan Pemerintah Indonesia pada saat kedatangan di Jakarta, serta menggunakan alat pelindung diri yang diperlukan. 

Satgas KBRI juga melengkapi para penumpang dengan surat keterangan jalan dan surat keterangan bebas COVID-19 yang dikeluarkan otoritas kesehatan Pakistan.

Pemulangan mandiri ini sebagai bentuk upaya pemerintah Indonesia untuk memberikan perlindungan bagi WNi di luar negeri.

“Repatriasi mandiri merupakan bagian dari upaya Pemerintah RI untuk memberikan pelindungan bagi WNI di luar negeri, yang merupakan salah satu prioritas diplomasi Indonesia,” pungkas Dubes Iwan Amri. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x