Kompas TV feature kompas sahur

Suasana Ramadhan di Inggris

Kompas.tv - 16 Mei 2020, 10:30 WIB
Penulis : Merlion Gusti

KOMPAS.TV - Kami ajak anda ke Newcastle Upon Tyne, Inggris. Sudah bersama kami WNI yang tengah menempuh pendidikan di sana, Hesty Nurul Utami.

Ketika Ramadhan 2020 berlangsung, masjid di Inggris yang biasanya ramai didatangi jemaah kini beralih lebih ramai didatangi untuk prosesi pemakaman jenazah korban Covid-19. 

Masjid Jami Tengah Ghamkol Sharif di Birmingham contohnya. Tempat parkirnya diubah menjadi kamar mayat dengan kapasitas 150 jenazah. 

Masjid ini salah satu yang tetap dibuka secara khusus di pusat kota Inggris, di saat masjid-masjid lainnya tetap ditutup saat Ramadhan 2020 karena pandemi virus corona.

Organisasi muslim di Inggris mengadakan buka puasa bersama secara virtual dengan menggunakan aplikasi media sosial Facebook dan Zoom. 

Acara ini diinisiasi oleh the Ramadan Tent Project (RTP) yang sebelumnya berencana akan mengadakan buka bersama lintas keyakinan dan mengundang tokoh-tokoh politik serta agama di Inggris.

Situasi pandemi virus corona yang melanda Ramadhan tahun ini, menyebabkan mereka terpaksa beralih menggunakan cara virtual. Umat muslim di Inggris tahun ini harus merayakan bulan Ramadan dalam situasi lockdown.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x